Categories

Gadget

Cincin Kerv Bisa Gantikan Uang Tunai dan Kartu Kredit

Yoga Wisesa - 6 October 2015

Dari mulai e-money sampai Google Wallet, kita sudah melihat banyak sekali upaya dalam menciptakan alternatif pengganti uang tunai. Mereka dibuat untuk fungsi spesifik: menyeder-hanakan proses pembayaran sembari meminimalisir resiko kehilangan. Namun solusi dari Philip Campbell menjanjikan transaksi tanpa kartu, mengisi PIN bank, atau bahkan smatphone.

Caranya? Sang developer asal Inggris itu memanfaatkan pendekatan tidak biasa: sebuah cincin bernama Kerv. Penampilannya sesimpel cara menggunakannya. Kenakan Kerv di jari, dan ia kompatibel ke 38 juta lokasi pembayaran 'contactless' di seluruh dunia. Dengan membawanya, Anda sama sekali tidak perlu mengeluarkan apapun dari tas. Atau silakan tinggalkan pernak-pernik yang tidak benar-benar dibutuhkan di rumah.

Bagian terluar Kerv dibuat dari keramik zirconia. Ia merupakan salah satu bahan terkuat di Bumi, anti-baret, sangat ringan dan hampir tidak pernah menimbulkan reaksi alergi. Material tersebut sering dimanfaatkan NASA, dokter bedah, dokter gigi, hingga dipakai dalam pembangunan reaktor nuklir. Cincin mempunyai permukaannya gloss mengilap. Dan di sisi dalam, Kerv mengusung resin keras untuk menyegel komponen elektronik.

Kerv menyimpan chip NFC, segera aktif ketika didekatkan ke unit reader contactless. Reader mendeteksi cincin sebagai kartu payment biasa, membaca data terenkripsi, kemudian mengotorisasi transaksi. Uang sendiri diambil dari akun prabayar Kerv, dan tiap detail keluar-masuk selalu tercatat. Anda cuma bisa mengeluarkan apa yang tersimpan di sana, menjaga konsumen dari hutang.

Info menarik: Talon Ialah Controller Game Berwujud ‘Cincin Pintar’

Uniknya lagi, Kerv menyimpan fitur top-up otomatis, tersambung ke tabungan di bank via kartu debit atau kredit sehingga proses pengisian ulangnya sangat praktis. Jumlah pembayaran contactless-nya dibatasi di US$ 25, dan Anda diberi opsi Kerv MasterCard untuk transaksi di atas itu - bekerja layaknya kartu prabayar, bukan kredit. Kemudian jumlah integrasi cincin Kerv dengan kartu juga tidak dibatasi.

Setelah masuk ke akun di aplikasi Kerv (atau lewat browser), Anda dapat mengirimkan uang ke teman atau keluarga, membayar tagihan, menyambungkan beberapa cincin berbeda, hingga membuka data dan mengkonfigurasi notifikasi transaksi. Kerv dijamin aman, hanya aktif saat didekatkan ke unit reader, lalu data pembelian senantiasa terekam. Karena selalu terpasang di jari, ancaman pencurian atau percobaan cloning sangat kecil.

Cincin Kerv dapat Anda pesan sekarang juga melalui situs Kickstarter seharga £ 35 (kisaran US$ 53), dengan pilihan ukuran yang lengkap. Jika upaya crowdfunding sukses, batch pertama akan dikirimkan ke backer bulan April 2016.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter