Categories

Gadget

Cincin Pintar Xenxo S-Ring Bisa Jadi Activity Tracker serta Dapat Menerima Panggilan Telepon

S-Ring diklaim sebagai perangkat wearable mungil paling pintar.

Yoga Wisesa - 7 May 2018

Dengan mengusung desain yang sederhana, produsen perangkat wearable bisa memperkecil peluang kerusakan sembari membuat pemakaiannya lebih nyaman. Sejauh ini, smartwatch dan smartband merupakan dua wearable device paling umum dan populer karena penggunaannya mirip aksesori fashion. Beberapa tahun silam, sejumlah produsen juga mulai mengajukan konsep cincin pintar.

Namun berbeda dari smartwatch, wujud smart ring yang mungil membatasi fitur dan memengaruhi pemakaian. Produsen mungkin tidak akan melengkapinya dengan layar dan boleh jadi, sekadar membubuhkan tombol menjadi tantangan teknis buat mereka. Namun tim Xenxo mengklaim bahwa mereka berhasil memampatkan enam fungsi pendukung produktivitas menjadi satu perangkat serbabisa berwujud cincin. Device tersebut mereka namai S-Ring.

S-Ring adalah perpaduan antara earpiece wireless, penunjuk waktu, thumb drive, activity tracker, dompet, dan kartu indentitas. Perangkat ini mempunyai wujud sederhana, berbobot 15-gram dengan beberapa pilihan ukuran (7 sampai 12 standar Amerika), dan sudah memperoleh sertifikasi IPX7. Smart ring tetap tidak akan rusak karena terkena air saat Anda mandi atau mencuci tangan. Xenxo menyediakan tiga piliha warna S-Ring, yaitu hitam, putih dan abu-abu.

Jika dilihat lebih teliti, bagian luar S-Ring memiliki sejumlah hal yang mungkin tidak dipunyai cincin pintar lain. Di sana ada rangkaian lubang microphone, lubang speaker dengan noise-cancelling, tombol fisik, hingga connector Lightning. Kehadiran mereka mengindikasikan sejumlah kemampuan istimewa. Salah satu yang paling menonjol adalah ia bisa mengubah tangan Anda jadi ponsel untuk menjawab panggilan masuk, serta sebagai alat buat memberi perintah pada asisten digital di smartphone.

Fitur andalan lain di S-Ring ialah fungsi fitness tracking. Saat dikenakan, ia dapat mengukur banyaknya langkah dan mengetahui seandainya target harian Anda telah terpenuhi (perlu diketahui bahwa S-Ring tidak mempunyai sensor detak jantung). Menariknya lagi, aksesori pintar ini bisa dipakai untuk mengendalikan konten multimedia di smartphone (misalnya lagu atau video) menggunakan gerakan tangan.

S-Ring terkoneksi ke handset melalui Bluetooth 5.0 low energy. Selain fitur-fitur di atas, ia dapat dimanfaatkan juga sebagai 'kartu akses', medium pembayaran via NFC, alarm darurat, aksesori penyimpanan data (ada memori internal berkapasitas 4GB), serta dibekali fitur alarm sunyi.

Xenxo menjajakan S-Ring di harga retail US$ 280. Tapi selama kampanye crowdfunding-nya masih berlangsung di Kickstarter, Anda bisa membelinya dengan mengeluarkan uang mulai dari US$ 180 saja.

Xenxo S-Ring disiapkan untuk bersaing dengan produk smart ring Motiv dan Token. Namun berbicara kapabilitas, fitur S-Ring jauh lebih kaya. Ia memadukan fungsi tracking dan penunjang produktivitas. Dan meskipun mempunyai kemampuan seperti Orii, desainnya terlihat lebih simpel.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter