Categories

Mobile

Cinema 21 Hadirkan Aplikasi Mobile Resmi untuk Platform iOS

DailySocial - 6 February 2014

Jaringan bioskop terbesar di Indonesia Cinema 21 ternyata diam-diam telah merilis aplikasi resmi untuk platform iOS. Dirilis di App Store per akhir bulan Desember lalu, ini adalah aplikasi mobile resmi kedua setelah tahun lalu mengeluarkan aplikasi untuk Windows Phone 8. Kelebihan aplikasi untuk iOS adalah fitur pembelian tiket langsung via mobile untuk bioskop-bioskop yang sudah mengadopsi skema MTIX.

Agak membingungkan ketika Cinema 21 tidak secara gamblang menyatakan dan mempromosikan bahwa mereka telah memiliki aplikasi mobile, baik di situs maupun di akun Twitternya yang telah memiliki hampir 4.5 juta pengikut. Meskipun demikian, hal ini ternyata tidak mengurangi kepopuleran aplikasi ini di App Store Indonesia dan per awal Februari ini masih bertahan di posisi 12 Top Free App secara keseluruhan.

Seperti yang kami telah sebutkan, selain sekedar mengecek informasi jadwal film yang sedang tayang di berbagai bioskop, kelebihan utama aplikasi iOS ini adalah konsumen bisa langsung menggunakannya untuk membeli tiket melalui MTIX. MTIX adalah platform pembelian tiket secara online milik Cinema 21 untuk kemudahan konsumen.

Saat ini MTIX sudah semakin berkembang sehingga konsumen tidak perlu lagi datang ke counter ataupun melakukan transfer bank untuk melakukan top up. MTIX sudah menerima online payment menggunakan BCA KlikPay atau menggunakan kartu debit dan kredit yang berlogo Visa dan MasterCard. Catch-nya adalah mereka tidak melayani top-up MTIX secara in-app purchase karena potongan yang dikenakan oleh Apple cukup besar. Selain itu, registrasi MTIX ternyata tetap harus dilakukan secara manual di counter, sehingga pelanggan baru masih harus bersusah payah untuk memiliki akun MTIX.

Dengan langkah ini, Cinema 21 mulai bergerak ke arah digital setelah sebelumnya selalu tertinggal oleh pesaingnya blitzmegaplex yang juga telah meluncurkan aplikasi iOS di pertengahan Desember lalu. Sejauh ini kami belum memperoleh informasi tentang kehadiran layanan ini di platform Android ataupun BlackBerry — dua platform yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone di Indonesia.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Amir Karimuddin. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter