Categories

Berita

Cipika Rambah Layanan Penyewaan Buku Digital

Menggandeng Bookmate sebagai penyedia aplikasi dan layanan

Prayogo Ryza - 29 June 2015

Sudah menjadi konsumsi umum jika inovasi adalah bagian dari nafas startup. Hal ini yang coba dipraktekkan layanan e-commerce Indosat Cipika di tahun 2015 ini. Beberapa waktu lalu kami sempat memberitakan tentang rencana Cipika dengan marketplace gadget-nya, kini berselang empat bulan, Cipika kembali melakukan terobosan dengan menjalin kerja sama dengan Bookmate, salah satu aplikasi e-book reader yang menyuguhkan layanan penyewaan buku digital.

Layanan yang diberi nama Cipika Books tersebut hadir dengan membawa konsep yang agak berbeda dengan layanan buku digital yang selama ini beredar di Indonesia. Menggandeng Bookmate yang berbasis di Rusia, Cipika Books mencoba menyuguhkan pengalaman membaca buku dengan cara berlangganan atau menyewa.

Dilansir di halaman resmi Cipika Books, terobosan yang dilakukan Cipika ini mendapat dukungan dan sambutan positif dari berbagai macam pihak, termasuk IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) serta beberapa penerbit besar seperti  Mizan Media Utama, Bentang Pustaka, Trimuvi, Penerbit Rosda, dan Zikrul Hakim-Bestari.

Bayar sekali, baca sepuasnya

Dengan konsep berlangganan “bayar sekali, baca sepuasnya” pengguna hanya perlu membayar biaya langganan bulanan atau tahunan  untuk menikmati semua buku yang tersedia baik itu buku gratis maupun buku premium yang disediakan. Bookmate sendiri mengklaim telah memiliki lebih dari 500.000 koleksi judul buku dari berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris dan Indonesia.

Untuk memudahkan pelanggan dalam membayar biaya berlangganan, Cipika Books menghadirkan beberapa metode pembayaran yang diklaim aman. Beberapa diantaranya adalah Kartu Kredit/Debit, Paypal, Google Payment, App Store Payment, Indosat Direct Carrier Billing, Dompetku, serta Promo Code.

Pengguna yang ingin masuk dan menggunakan aplikasi Bookmate hanya tinggal mengunduh aplikasi yang sudah ada baik di Google Play Store, App Store, atau Windows Phone Store. Selanjutnya pengguna bisa memilih cara untuk masuk ke dalam aplikasi. Tersedia berbagai macam cara untuk masuk atau mendaftar, seperti menggunakan nomor telepon, email, atau akun media sosial seperti Facebook dan twitter.

Selanjutnya setelah mendaftar, pengguna disajikan dengan pilihan buku-buku dari berbagai macam kategori, seperti populer, best seller, pilihan minggu ini serta beberapa kategori lain. Pengguna bisa masuk ke menu profil untuk melakukan pembayaran atau memasukan kode promo untuk mendapatkan akses ke buku-buku premium yang disediakan.

Aplikasi Bookmate ini juga dilengkapi dengan fitur connect with social media untuk memudahkan pengguna mengetahui buku yang dibaca teman-teman mereka di media sosial seperti Twitter dan Facebook. Salah satu fitur favorit Bookmate adalah fitur berbagi kutipan dari buku-buku yang ada untuk memberikan gambaran isi buku dan untuk menarik pembaca.

Cipika Books sendiri nantinya akan digunakan sebagai media berinteraksi antara pengguna penulis, pembaca, dan penerbit. Saat ini sudah terdapat beberapa menu seperti menu untuk mengunggah tulisan serta berbagi kutipan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter