Categories

Berita

Ciptakan Ekosistem Bisnis Fintech yang Sehat dan Dinamis, Indonesia Fintech Forum Kembali Digelar

Mempertemukan startup dengan regulator dan stakeholder untuk berkolaborasi

Yenny Yusra - 2 June 2016

Untuk kedua kalinya Indonesia Fintech Forum kembali digelar di Jakarta. Acara yang diinisiasi oleh Founder Pinjam Teguh B Ariwibowo tersebut digelar untuk menjalin kolaborasi antara startup fintech dengan regulator dan stakeholder. Dengan tema "Fintech Payments in Fintechgration", forum kali ini mengupas lebih banyak mengenai perkembangan sektor pembayaran (digital payment) di Indonesia.

"Kegiatan Indonesia Fintech Forum berbeda dengan kegiatan yang digelar oleh asosiasi fintech lainnya di Indonesia, kami secara khusus ingin mengundang kalangan startup untuk bertemu langsung dengan stakeholder dan regulator menjalin kolaborasi yang baik," kata Teguh B Ariwibowo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah President Direktur Cashlez Teddy Tee dan Direktur Bank Mandiri Rico Usthavia Frans yang hadir mewakili pihak bank. Dalam kesempatan tersebut Direktur Bank Mandiri menyambut baik maraknya kehadiran startup fintech di Indonesia, dan berharap kegiatan seperti ini bisa menumbuhkan inovasi serta ide-ide kreatif terkait dengan dunia finansial digital di tanah air.

"Dengan kehadiran startup fintech yang saat ini makin marak jumlahnya, membuat kami (pihak bank) menjadi lebih bersemangat untuk memberikan inovasi kepada nasabah yang saat ini sudah mulai banyak memanfaatkan layanan keuangan yang ditawarkan oleh startup fintech, dengan demikian pihak bank pun merasa tertantang untuk selalu memperbarui teknologi dan inovasi terkini," kata Rico.

Tidak dapat dipungkiri selama ini kehadiran startup fintech yang banyak menawarkan kemudahan dengan layanan finansial digital, membuat pihak bank hanya berfungsi sebagai fasilitator dan menjadi kurang relevan. Makin maraknya pilihan pembayaran cashless hingga peminjaman secara online memungkinkan semua masyarakat untuk mendapatkan semua layanan tersebut dengan mudah.

"Tentunya kami pihak bank juga akan mencermati kehadiran layanan finansial digital yang makin banyak ditawarkan oleh startup fintech di Indonesia, jangan sampai dengan ragam layanan yang ada fungsi dari bank menjadi tidak relevan," kata Rico.

Wadah yang tepat untuk pelaku fintech

Selama ini Indonesia Fintech Forum telah berhasil mengumpulkan banyak startup fintech di Indonesia, tentunya kegiatan ini bisa membantu para pelaku startup untuk saling mengenal dan tetap bisa berkolaborasi dengan pemain lainnya. Indonesia Fintech Forum juga menghadirkan pihak-pihak terkait dari pemerintah, bank, asuransi, OJK untuk bisa mengetahui lebih lanjut peraturan serta hal-hal apa saja yang baiknya di terapkan kepada layanan digital finansial di Indonesia.

"Kami berharap Indonesia Fintech Forum dapat memberi manfaat yang nyata dalam mendorong kolaborasi untuk pertumbuhan industri fintech di Indonesia," tuntas Teguh.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter