15 September 2017

by Yoga Wisesa

Citizens of TMRW Ialah Cara Lenovo Memperlihatkan Pemanfaatan PC di Masa Depan

Citizens of TMRW disiapkan untuk mengajak masyarakat buat berimajinasi serta membayangkan perkembangan teknologi PC di masa depan.

Penurunan pengapalan PC di kuartal kedua 2017 memberikan dampak buat Lenovo. Mereka disalip kompetitor, kini bukan lagi merek komputer dengan market share terbesar. Namun hal tersebut tidak memengaruhi pandangan konsumen. Lenovo tetap dikenal sebagai nama yang merepresentasikan kualitas dan inovasi, apalagi setelah melihat performa mereka di IFA 2017.

Tak lama sesudah berpartisipasi di pameran teknologi terbesar di Eropa tersebut, Lenovo mencoba membawa kehebohan itu ke negera-negara lain, termasuk Indonesia. Di tanggal 14 September kemarin, perusahaan PC asal Beijing ini  resmi menggelar kampanye Citizens of TMRW, yaitu ajang untuk 'memperlihatkan proyeksi masa depan dari industri komputer'.

Dari penjelasan Lenovo, Citizens of TMRW disiapkan untuk mengajak masyarakat buat berimajinasi serta membayangkan perkembangan teknologi selanjutnya di ranah PC. Caranya adalah lewat penyediaan pop-up store interaktif, berlokasi di Mall Central Park Jakarta. Dan bukan hanya antusias komputer saja yang jadi target mereka. Lenovo mengajak pelajar, profesional, wirausahawan, hingga gamer untuk berpartisipasi di sana.

Cirizens of TMRW rencananya akan dilangsungkan hingga akhir minggu nanti, tanggal 17 September. Pameran menampilkan 'lorong waktu', terdiri dari empat zona interaktif yang didesain untuk menggambarkan masa depan. Mungkin Anda sudah bisa menebak, tiap-tiap zona 'dihuni' oleh keluarga produk yang dispesialisasikan buat konseumen berbeda. Enterpreneurs of TMRW misalnya, ditempati notebook-notebook Lenovo Yoga, lalu area gamer berisi laptop dan desktop Legion.

Country general manager Lenovo Budi Janto menerangkan bahwa Citizens of TMRW adalah sebuah metode berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masa depan, dengan mencari inspirasi dari pelanggan masa kini. Beberapa caranya adalah dengan mendengarkan masukan konsumen dan mencari tahu kebutuhan mereka.

"Berkarya bersama pelanggan merupakan DNA Lenovo," kata Budi Janto di rilis pers. "Filosofi ini menghasilkan berbagai produk dan solusi kami yang paling terkenal. Lewat Citizens of TMRW, kami memamerkan perwujudan dari konsep tersebut serta memperlihatkan ide-ide hebat dari konsumen di nusantara. Indonesia adalah negara dengan penduduk yang memiliki kreativitas kelas dunia serta gagasan penuh gebrakan. Hal itu menginspirasi kami untuk turut membentuk masa depan teknologi di Indonesia."

Di ajang itu, Anda dapat menjajal berbagai produk PC Lenovo, mengikuti talk show, berpartisipasi dalam kuis digital, mengunjungi booth 3D Trick Art, hingga menikmati pertunjukan musik dari Andien. Tentu saja Lenovo juga telah menyiapkan berbagai program potongan harga.

Acara ini memperoleh dukungan penuh dari Microsoft. Business group head Microsoft Lucky Gani menyampaikan rasa antusiasme timnya menyuguhkan pengalaman komputasi baru bersama Lenovo, melalui Windows 10. Lewat Fall Creators Update yang segera hadir misalnya, Microsoft akan menghadirkan tool tambahan untuk menggambar, menyampaikan cerita via visual yang lebih kaya, serta penyempurnaan pada fitur penyajian video game.

Mayoritas produk Lenovo di Citizens of TMRW merupakan perangkat-perangkat yang sebelumnya sudah pernah diluncurkan di Indonesia.

Di sektor wirausaha, Lenovo menuturkan bahwa jumlah pihak yang berpartisipasi di sana telah naik 3,1 persen (berdasarkan Badan Pusat Statistik), dan untuk mendongkrak angkanya lebih tinggi lagi, pemerintah beberapa kali melangsungkan Gerakan Kewirausahaan Nasional. Dan demi mendukungnya, Lenovo menyiapkan laptop-laptop seperti Yoga 720, ThinkPad X1 Yoga, serta Yoga 920.

Lalu di segmen pendidikan (diberi nama Students of TMRW), Lenovo menyediakan solusi yang sangat berguna bagi para pelajar. Tak hanya untuk mengetik, notebook-notebook tersebut bisa membantu mereka mengedit foto dan video, mendesain, serta mengerjakan tugas multimedia lain. Dua device jadi andalan Lenovo, yaitu Yoga 520 dan IdeaPad 720s.

Memang hanya ada satu produk yang Lenovo sorot di area 'Designers of TMRW', tetapi perangkat ini dapat dibilang sebagai device komputasi paling unik. Lenovo Yoga Book adalah perpaduan antara laptop dan tablet Wacom. Bagian keyboard/pad bisa digunakan untuk mengetik (dibekali fitur vibrasi haptic feedback) serta menggambar. Yoga Book juga dibekali Real Pen, stylus yang mampu mengenali 2.048 tingkat tekanan.

Buat para 'gamer masa depan', Lenovo resmi membawa sub-brand Legion ke Indonesia di awal tahun ini. Device-device seperti Legion Y520, Legion Y720, PC desktop IdeaCentre Y720 Cube serta Legion Y520 Tower sengaja diramu untuk para gamer hardcore. Dan di bulan Juli kemarin, Lenovo juga sempat mengumumkan kolaborasi bersama tim Evos sebagai realisasi dari komitmen mereka membantu mengembangkan ekosistem eSport di tanah air.