Categories

Game

Setelah Muncul di iPad, Civilization VI Kini Sapa Pengguna iPhone

Gratis untuk yang sudah membeli full game-nya di iPad

Glenn Kaonang - 5 October 2018

Akhir tahun lalu, penggemar game strategi diberi kejutan dalam bentuk Civilization VI versi iPad. Menariknya, game itu tidak seperti port versi mobile biasanya, yang umumnya lebih minim fitur dan disederhanakan gameplay-nya. Aspyr Media selaku pengembang versi iPad-nya kala itu menjanjikan pengalaman bermain yang serupa dengan Civilization VI versi PC.

Janji tersebut tidak mereka ingkari. Bulan Mei kemarin, Aspyr merilis dua DLC (downloadable content) untuk Civilization VI versi iPad. Salah satunya adalah Indonesia Civilization & Scenario Pack, dengan Ratu Dyah Gitarja sebagai pemimpinnya, menggantikan Gajah Mada di Civilization seri sebelumnya.

Juga menarik adalah model bisnis yang diterapkan Aspyr; Civilization VI dapat diunduh secara cuma-cuma oleh pengguna iPad, tapi sebatas untuk mencoba saja. Setelah 60 turn alias giliran, pemain harus menebus sekitar Rp 875 ribu untuk lanjut bermain (tidak termasuk DLC).

Banderol tersebut memang sangat mahal untuk ukuran game mobile, akan tetapi sekali lagi ini bukan port versi mobile pada umumnya. Tidak punya iPad? Jangan khawatir, Aspyr baru saja merilis versi iPhone-nya.

Bersamaan dengan perilisan Civilization VI sebagai aplikasi iOS universal (kompatibel dengan iPhone sekaligus iPad), Aspyr turut menyediakan potongan harga sebesar 60%; full game-nya bisa dibeli seharga Rp 349 ribu saja sekarang sampai tanggal 16 Oktober 2018 nanti.

Bagi yang sebelumnya sudah terlanjur membeli full game-nya di iPad, Aspyr punya kejutan lain: versi iPhone-nya dapat Anda mainkan tanpa dipungut biaya tambahan lagi. Sayangnya, menurut Macworld, tidak ada fitur sinkronisasi antar perangkat (cloud save), akan tetapi pemain masih bisa memindah save file di antara kedua perangkat secara manual.

Satu catatan terakhir yang perlu diperhatikan adalah, untuk bisa memainkan Civilization VI, minimal Anda harus punya iPhone 7, iPad (2017), iPad Air 2, atau iPad Pro. Game-nya mahal, tapi ternyata perangkat yang dibutuhkan juga tidak kalah mahal.

Kalau tertarik, silakan unduh Civilization VI langsung dari App Store.

Sumber: Aspyr Media via Touch Arcade.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter