11 December 2014

by Aditya Daniel

Clear, Aplikasi Pembuat Daftar Catatan Berbasis Gesture

Memaksimalkan perangkat iOS yang dimiliki tentu menjadi keinginan semua pengguna. Fitur serta dukungan aplikasi yang lengkap lebih lagi membantu para pengguna beraktivitas di keseharian, misalnya membuat sebuah daftar catatan di perangkat iOS. Bagi yang sedang mencari aplikasi pembuat sebuah daftar yang mudah dan menyenangkan jika digunakan, Clear mungkin aplikasi yang tepat.

Navigasi antar menu serta pengaturan di aplikasi, membuat catatan hingga mengorganisirnya dilakukan secara gesture-based di Clear. Membuat sebuah catatan ataupun kategori daftar catatan dapat dilakukan dengan melakukan pull-down pada aplikasinya.

Pengguna juga dapat membuat bermacam-macam kategori yang untuk setiap daftar yang dibuat semisal daftar barang belanjaan yang ingin dibeli, daftar film yang ingin ditonton atau rekomendasi lagu yang ingin didengarkan. Berikut video cara kerja aplikasi Clear.

 

 

Clear juga memiliki fitur pengaturan reminder yang dapat digunakan oleh pengguna. Fitur sinkronisasi dengan menggunakan iCloud juga disematkan oleh RealMac Software agar catatan yang dibuat dapat tersinkronisasi dengan aplikasi Clear untuk perangkat iOS dan Mac yang lainnya.

Tak hanya itu, Clear memiliki beberapa tema untuk mengubah warna tampilan aplikasinya. Selain skema warna tema yang dapat diganti Clear juga menambahkan efek suara yang dapat diganti bahkan pengguna bisa membeli efek suara tambahan dengan in-app-purchase.

 

Info menarik: Mars Ialah Speaker Bluetooth Berbentuk UFO Yang Bisa Terbang

 

Meski Clear mudah untuk digunakan namun dalam menambahkan sebuah daftar haruslah langsung pada kategori yang diinginkan karena Clear tak memiliki fitur untuk memindahkan daftar yang telah dibuat antar kategori. Prioritas daftar catatan masih bisa diurutkan di Clear, cukup drag n drop ke prioritas yang diinginkan.

Selain itu, jika dibandingkan aplikasi pengelola daftar catatan yang lain salah satu kekurangan aplikasi ini adalah tak adanya fitur untuk menyimpan daftar yang berulang dan rutin dilakukan. Namun mungkin karena Clear ingin dibuat sesederhana mungkin bisa saja fitur ini memang sengaja tak ditambahkan.

Sederhana, mudah digunakan dan tersedia di platform iOS dan Mac adalah beberapa alasan mengapa saya tetap menginstal Clear meski saya juga memiliki Things untuk mengelola daftar pekerjaan dan tugas yang ada.

Bagaimana menurut Anda? Apakah fitur yang ada di Clear akan membuatmu lebih teroganisir dan sepadan dengan harga yang ditawarkan? Sampaikan di kolom komentar ya!