Categories

Mobile

Click Wheel Hadirkan Desain Kontrol ala iPod Classic pada iOS Keyboard

Aditya Daniel - 20 May 2015

Banyak sekali pilihan aplikasi keyboard pihak ketiga pada iOS 8. Semenjak Apple mengumumkan tersedianya akses API untuk keyboard kepada para pengembang, kehadiran jenis aplikasi ini terus bertambah setiap harinya.

Mulai dari mengganti tampilan keyboard hingga mengubahnya menjadi clipboard manager yang berguna untuk mengelola teks yang disalin. Baru-baru ini ada aplikasi keyboard yang cukup unik dengan meniru desain kontrol pada iPod lawas bernama Click Wheel Keyboard.

Kehadiran Click Wheel Keyboard bisa menjadi sarana nostalgia bagi Anda pecinta produk Apple lawas, khususnya iPod. Tampilan Click Wheel Keyboard cukup unik dan minimalis. Terdapat sebuah lingkaran untuk scrolling serta tombol backspace dan juga tombol untuk mengganti tampilan keyboard di pojok kiri bawah.

Info Menarik: Tips Menggunakan AssistiveTouch Pada iPhone atau iPad

Penggunaanya pun cukup mudah meski Click Wheel Keyboard akan membuat Anda sedikit lebih lama dalam menulis kata di perangkat iOS. Anda bisa scroll lingkaran ke kanan atau ke kiri untuk memilih huruf, tanda baca hingga emoji yang diinginkan. Tekan tombol yang ditengah untuk memasukan huruf pilihan.

Selain tombol di tengah, Anda juga bisa menekan tombol bagian bawah lingkaran untuk menjadikan huruf yang dipilih dalam format kapital, serta tombol bagian atas untuk menghapus huruf yang dimasukkan.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, Click Wheel Keyboard membuat sedikit agak lama dalam menuliskan kata pada perangkat iOS, aplikasi ini tentu lebih berfungsi sebagai nostalgia dibanding untuk mengetik normal.

Salah satu fitur yang bisa ditambahkan oleh pengembang menurut saya adalah fitur prediksi kata jadi pengguna bisa dengan cepat memasukan huruf. Sayangnya, Click Wheel Keyboard belum mendapatkan dukungan aplikasi untuk Apple Watch, padahal menurut saya akan lebih mudah menulis dengan cara scrolling di layar yang lebih kecil.

Info Menarik: Aplikasi Keyboard Pilihan di iOS 8

Semakin banyak ragam keyboard yang hadir di App Store. Tak hanya sekedar masalah fungsionalitas namun juga tampilan yang beragam yang ditawarkan oleh para pengembang dibalik aplikasi keyboard buatannya. Tertarik mencoba Click Wheel Keyboard? Tenang saja, Anda bisa mengunduhnya gratis di App Store.

Download - App Store - Gratis

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter