Categories

Social Media

Clubhouse Luncurkan Tiga Fitur Baru, Dua di Antaranya untuk Merekam Percakapan

Percakapan di Clubhouse kini dapat didengarkan ulang, dan pengguna juga bisa membagikan klip berdurasi 30 detik dari sesi yang diikutinya

Glenn Kaonang - 1 October 2021

Clubhouse resmi meninggalkan fase beta pada bulan Juli lalu, dan sejak saat itu, mereka rajin merilis pembaruan besar setiap satu atau dua minggu. Pekan lalu, mereka memperkenalkan fitur bernama Wave yang dirancang untuk semakin memudahkan interaksi antar pengguna. Sekarang, mereka langsung tancap gas dengan tiga fitur anyar.

Ketiga fitur baru ini pada dasarnya punya tujuan untuk menyempurnakan aspek discovery konten di dalam Clubhouse. Fitur yang pertama adalah Universal Search, yang memungkinkan pengguna untuk mencari orang, club, live room, maupun deretan event yang akan datang.

Universal Search saat ini sudah mulai tersedia di Clubhouse versi iOS maupun Android. Untuk sekarang, Universal Search baru bisa diakses melalui tab Explore, tapi dalam satu atau dua minggu ke depan, pengguna dapat langsung mengaksesnya melalui halaman utama aplikasi.

Berikutnya, ada fitur bernama Clip. Fitur ini dirancang agar pengguna bisa membagikan klip atau potongan audio berdurasi 30 detik dari sebuah public room yang dikunjunginya ke berbagai platform macam Instagram, Twitter, Facebook, iMessage, atau WhatsApp.

Clip hanya akan tersedia di public room, bukan di private maupun club room. Fitur ini akan aktif secara default, tapi kita tetap bisa menonaktifkannya kapan saja. Kalau diaktifkan, maka semua partisipan di dalam room akan melihat ikon baru berlambang gunting (✄).

Klik ikon tersebut, maka aplikasi akan menyimpan klip audio dari 30 detik terakhir, dan pengguna bebas membagikannya ke platform-platform yang sudah disebutkan tadi. Daripada sekadar menuliskan Tweet tentang sebuah room yang kita kunjungi, kenapa tidak sekalian kita berikan preview-nya saja?

Di saat yang sama, fitur ini tentu juga sangat berguna untuk mengabadikan momen berkenang yang baru saja terjadi. Clip sejauh ini masih berstatus beta, dan baru akan tersedia untuk sekelompok kecil kreator saja.

Terakhir, Clubhouse juga akan meluncurkan fitur bernama Replay dalam beberapa minggu ke depan. Sesuai namanya, Replay dibuat agar konten audio di Clubhouse bisa didengarkan di lain waktu, bukan cuma ketika sedang tayang secara live.

Seperti Clip, Replay juga bersifat opsional, dan kita bisa memilih untuk mengaktifkannya setiap kali hendak membuka suatu public room. Kalau diaktifkan, maka room tersebut bakal eksis di Clubhouse selama yang pengguna inginkan. Juga sama seperti Clip, Replay dapat diunduh sepenuhnya ke perangkat.

Berhubung bisa di-download, itu berarti sesi-sesi publik di Clubhouse dapat dikemas ulang menjadi podcast jika mau. Sebagai informasi, fitur untuk merekam sesi live ini sudah tersedia sejak lama di dua kompetitor Clubhouse, yaitu Twitter Spaces dan Spotify Greenroom.

Dalam kesempatan yang sama, Clubhouse juga mengumumkan bahwa aplikasi Android-nya kini sudah mendukung fitur spatial audio. Fitur ini pertama diluncurkan pada akhir Agustus lalu di iOS, dan fungsinya adalah untuk membuat percakapan jadi terasa lebih hidup.

Sumber: Clubhouse.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter