Categories

Social Media

Clubhouse Luncurkan Dukungan Spatial Audio, Buat Percakapan Jadi Terasa Lebih Hidup

Berkat spatial audio, pembicara di dalam room Clubhouse yang sedang kita singgahi bakal terdengar seperti sedang berada di dekat kita

Glenn Kaonang - 31 August 2021

Spatial audio, atau yang juga dikenal dengan istilah 3D audio, terus menjadi tren yang kian populer di industri audio. Platform demi platform secara bergantian menghadirkan dukungan terhadap fitur ini. Setelah Apple Music, kini giliran Clubhouse yang mengadopsi teknologi spatial audio.

Lewat siaran pers, Clubhouse menjelaskan bahwa fitur spatial audio ini dirancang supaya para pengguna bisa merasa lebih larut dalam percakapan, dan membuat pembicara di dalam ‘ruangan’ yang sedang kita singgahi seperti sedang berada di dekat kita. Alhasil, pengalaman mendengarkan yang didapat jadi terasa lebih hidup.

Dari perspektif sederhana, teknologi spatial audio bekerja dengan meniru cara manusia menangkap dan memproses suara ketika berada di ruangan yang sama. Clubhouse pun lanjut menjelaskan bagaimana otak manusia dapat bekerja ibarat instrumen luar biasa yang mampu memproses isyarat seperti jarak, frekuensi, dan getaran untuk lebih memahami dari mana suatu suara berasal.

Guna menciptakan pengalaman spatial audio ini, software rancangan Clubhouse pertama-tama akan menetapkan posisi setiap pembicara di sebuah ‘ruangan’, dan secara merata menetapkan posisi tersebut agar seluruh pengguna dapat merasakan pengalaman mendengarkan suara dengan lebih jelas dan maksimal.

Selanjutnya, software tersebut akan mengaktifkan HRTF (Head Related Transfer Function) dan beberapa pemroses suara tambahan untuk tiap suara agar suara pembicara dapat terdengar seakan-akan datang dari suatu posisi yang spesifik. Software ini bahkan bisa diaplikasikan ke sumber stereo, semisal musik, untuk kemudian memberikan pengalaman dan efek stereo layaknya di suatu lingkungan spasial.

Clubhouse percaya fitur spatial audio ini juga dapat membuka lebih banyak peluang bagi para kreator untuk bereksperimen. Clubhouse mencontohkan suatu room yang sedang menceritakan sebuah cerita horor. Berkat spatial audio, audiens dapat mendengar lebih jelas suara roh jahat yang sedang bergerak di sekitar rumah, atau bahkan yang berbisik di telinga mereka.

Lalu untuk pertunjukan musik atau komedi, audiens dapat mendengarkan suara tepuk tangan atau suara tawaan secara jelas dari orang-orang yang berada di room yang sama. Sekali lagi, tujuannya adalah memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih hidup dan mendekati aslinya.

Fitur spatial audio ini sudah mulai tersedia di aplikasi Clubhouse versi iOS, sementara versi Android-nya dipastikan bakal secepatnya menyusul. Pengguna tidak diwajibkan memakai perangkat khusus untuk bisa menikmatinya, namun Clubhouse menyarankan penggunaan headphone atau earphone (wired maupun wireless) demi mendapat pengalaman yang terbaik.

Gambar header: Dmitry Mashkin via Unsplash.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter