Categories

Internet

CNN Trends, Fasilitas Baru dari CNN Dengan Teknologi Zite

wiku - 22 October 2012

Persaingan media di era digital memang membuat para pelaku media untuk terus berinovasi, baik dari penyajian berita, pemilihan teknologi serta berbagai strategi untuk menghadirkan trafik pada situs mereka. Salah satu media yang beberapa hari lalu merilis layanan baru adalah CNN, yang baru saja merilis CNN Trends.

CNN Trends pada dasarnya adalah sebuah laman web yang mengagregasikan berbagai berita dalam satu tempat dan menjadi bagian dari situs CNN. Laman ini menghadirkan beberapa pilihan berita yang dibuat beberapa kluster. Pada bagian kiri terdapat kolom serta tautan berita yang berasal dari situs CNN, dan bagian kanannya ada berbagai tautan berita lain yang satu tema namun berasal dari situs selain CNN.

Anda juga bisa memilih kategori berita berdasarkan minat Anda, Teknologi, Politik, Travel, dll atau memilih menampilkan semua kategori. Jika usulan berita belum cukup bagi Anda, ada panah yang berfungsi untuk menampilkan tambahan usulan berita.

Teknologi yang digunakan dalam CNN Trends ini adalah teknologi yang dikembangkan oleh Zite, sebuah aplikasi untuk membaca konten yang tersedia di App Store. Seperti yang dikutip dari Forbes, CEO Zite, Mark Johnson mengatakan bahwa ide dari CNN Trends ini karena melihat perilaku pengguna yang mengakses situs CNN.com, setelah membuka situs utama mereka lalu menjelajah situsnya dan kemudian membuka situs lain untuk mencari informasi yang mereka cari. Mark ingin memfasilitasi proses ini langsung di situs CNN.

CNN Trends juga terinspirasi dari layanan Techmeme, yang menjadi satu tempat untuk mencari berbagai berita yang sedang tren atau dibaca orang tentang teknologi, namun CNN Trends adalah untuk berita general.

Menarik melihat CNN meluncurkan CNN Trends, karena layanan ini tidak hanya menyajikan tautan berita untuk situs CNN saja tetapi mengarahkan pengunjung ke situs lain. Layanan agregator biasanya bersifat demikian. Trafik situs menjadi bagian penting dalam persaingan media, terutama di era digital ini, meski demikian inti dari fasilitas ini tetap mengajak pengunjung untuk selalu mengunjungi situs CNN dan menjadikannya satu tempat untuk mencari berbagai informasi.

CNN Trends juga akan terus dikembangkan, masih seperti yang dikutip dari Forbes, saat ini layanan ini akan sama untuk setiap pembaca, tetapi sepertinya fasilitas personalisasi yang dimiliki Zite serta algoritma mesin yang bisa mempelajari perilaku pengguna akan menjadi fasilitas selanjutnya yang akan dikembangkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajah CNN Trends bisa menuju tautan ini.


Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter