15 December 2015

by Yoga Wisesa

Cocok Untuk Pelajar, Notebook Asus E402MA Tak Melupakan Aspek Penampilan

Laptop diklaim menyajikan desain ringkas dan portable, ditopang kinerja handal serta masa aktif baterai yang awet.

Kadang memilih tipe notebook yang tepat bisa jadi lebih sulit dibanding merakit komputer sendiri. Tersedia banyak jasa perakitan, tapi menentukan satu dari puluhan model laptop bukanlah perkara mudah. Apalagi tiap produk menawarkan beragam fitur serta komposisi hardware. Jika kebetulan sedang mencari tipe kelas budget, solusi dari Asus ini mungkin cocok untuk Anda.

Produsen asal Taipei itu belum lama menghadirkan Asus E402MA ke Indonesia. Dari press release, Asus mendeskripsikannya sebagai notebook portable nan elegan buat para pelajar dan profesional muda. Ia diklaim menyajikan desain ringkas dan portable, ditopang kinerja handal serta masa aktif baterai yang awet - sanggup menjadi medium beraktivitas dan platform produktif sehari-hari.

Asus menyampaikan bahwa E402MA (juga dinamai EeeBook E402) ialah sebuah laptop ekonomis dengan cita rasa premium. Wujudnya padat, berdesain minimalis. Asus membubuhkan layar 1366x768-pixel 14-inci di tubuh berdimensi 339x235x21,9-milimeter. Terlepas dari rampingnya wujud E402MA, Asus tidak lupa membubuhkan segala macam konektivitas fisik yang kita butuhkan.

Di sisi samping, Anda dapat segera menemukan port USB (3.0 dan 2.0), VGA, LAN, HDMI, hingga card reader 3-in-i. Produsen juga mengadopsi teknologi touchscreen di smartphone ke bagian touchpad, dimaksudkan buat memberikan konsumen respons serta keakuratan optimal dalam navigasi konten. Biasanya kendala notebook bertubuh tipis adalah temperatur yang tinggi. Solusi Asus pada E402MA ialah membubuhkan fitur IceCool, demi menjaga suhu palm rest tetap berada di kisaran 28 sampai 35 derajat Celcius.

Untuk bagian dalam, Asus membekali E402MA dengan system-on-chip Intel Bay Trail-M berprosesor dual-core Celeron N2840. Ada RAM DDR3L sebesar 2GB, penyimpanan berbasis hard drive 500GB ditambah Asus WebStorage 500GB, serta baterai 2-cells 32Whrs; dilengkapi pernak-pernik berupa kamera web VGA, speaker dan microphone SonicMaster build-in. Baterai dijanjikan sanggup menjaga notebook tetap aktif selama delapan jam.

Komposisi komponen di atas memastikan EeeBook E402 dapat menangani kebutuhan olah data standard, menyuguhkan kapabilitas multitasking cukup memuaskan saat Anda sedang mengoprek dokumen Microsoft Office, sembari menonton film serta menjelajahi internet. Tapi saya kurang yakin dengan pernyataan 'playing the latest games', ragu laptop bisa menjalankan judul-judul yang menuntut grafis tinggi.

Harga jual Asus E402MA sangat terjangkau, hanya Rp 3,55 juta. Namun penawaran tersebut belum termasuk sistem operasi.