Categories

Interview

Mengenal Codex, Inisiatif yang Bercita-cita Bantu Telkom Digitalisasi Indonesia

Tak hanya solusi untuk Telkom, Codex juga mengembangkan solusi untuk perusahaan umum

Prayogo Ryza - 5 March 2019

Mencoba mengambil peran lebih banyak dalam proses digitalisasi Indonesia, salah satu divisi di dalam Telkom mencoba mengembangkan beberapa solusi untuk perusahaan yang lebih umum. Membawa nama Codex, beberapa hal yang tengah mereka kembangkan adalah framework dan teknologi untuk Product Management System dan People Management System.

Kepada DailySocial, co-initiator dan CEO Codex Hopy Familianto menjelaskan bahwa tim Codex berusaha mengambil peran dalam proses digitalisasi Indonesia. Diawali kebutuhan Telkom dalam hal teknologi dan layanan digital, lahirlah inisiatif yang lebih luas untuk membantu perusahaan-perusahaan lainnya.

"Sebelum menjadi sebuah bentuk, yaitu Codex, hal ini diawali dari inisiatif kebutuhan top management dalam membantu Telkom, khususnya Divisi Digital Service, untuk bertransformasi menjadi Digital Telco. Saya, Bramasta Dwi Saka, dan Muhammad Nazri yang memulai bentuk agar inisiatif ini bisa diimplementasikan," terang Hopy.

Inisiatif Codex sendiri dimulai pada Juli 2018 silam. Di dalamnya terdapat talenta dari beragam bidang, seperti desainer, researcher, data scientist, dan programmer. Mereka mulai mengembangkan beberapa produk yang diharapkan mampu membawa transformasi di dalam tubuh Telkom. Sejak September 2018 Codex mulai terbuka untuk umum dan mulai mengembangkan beberapa solusi untuk permasalahan-permasalahan yang sering dijumpai di perusahaan.

"Di awal-awal kami banyak menggunakan teknologi yang sudah ada di market, dengan tujuan untuk memastikan experience dari produk yang dikembangkan sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan pengguna. Fokus utama ke experience, kemudian teknologi mengikuti kebutuhan akan experience tersebut. Setelah valid, baru kami membangun platform Codex secara perlahan, sesuai dengan kebutuhan," cerita Hopy.

Secara terpisah, anggota tim Codex Joy Gabriel menjelaskan bahwa mereka juga mengembangkan sebuah platform Talent Management yang berfungsi yang sebagai solusi digital untuk manajemen human resource.

"Khusus yang ini [Talent Management Platform] kami tidak membuatnya terbatas untuk Telkom. Jadi kami buat untuk kasus general, sehingga nantinya bila diimplementasikan di perusahaan lain juga langsung beradaptasi," terang Joy.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter