Comma Indonesia Hadirkan Coworking Space di Jakarta

Comma Indonesia Hadirkan Coworking Space di Jakarta

comma-lagi
comma-lagi

Bandung punya HackerspaceBDG dan Yogyakarta punya HackerSpaceYK sebagai tempat berkumpulnya startup, freelancer dan orang-orang yang tidak ingin terlalu terkekang dengan “konsep kantor”. Tentu saja menjadi pertanyaan ketika Jakarta sebagai ibukota tidak memiliki konsep serupa dengan kota-kota lainnya di Indonesia.

Memang Jakarta identik dengan kantor-kantor di gedung-gedung bertingkat, tapi komunitas freelancer dan startup tentu membutuhkan tempat yang lebih representatif untuk bekerja (secara bersama-sama), selain kedai-kedai kopi yang biasa disambangi. Inisiator Comma Indonesia berusaha menjadi jembatan untuk kebutuhan ini dengan menghadirkan sebuah coworking space yang terletak di tengah kota.

Konsep yang digagas oleh Comma Indonesia mungkin agak berbeda dengan HackerspaceBDG dan HackerSpaceYK. Selain memberikan tempat sewa dengan skema bulanan, Comma Indonesia juga mendukung orang-orang untuk datang dalam hitungan jam — sebagai alternatif bagi kerja ala kedai kopi ini.

Per dua jam, pengguna bisa memanfaatkan Comma Indonesia sebagai tempat kerja yang dilengkapi dengan fasilitas Internet nirkabel dengan kecepatan yang decent, kamar mandi khusus untuk pengendara sepeda, sebuah ruang meeting, dua meja pingpong, PlayStation 3 dan tempat lega yang bisa menampung hingga 40 orang. Dari total kapasitas tersebut, separuh ditujukan untuk penyewa bulanan dan separuh lagi didedikasikan untuk penyewa come and go yang datang dalam hitungan jam.

Berbeda dengan Hackerspace yang dibentuk oleh grassroots, yaitu orang-orang yang terjun langsung sebagai programmer, designer, freelancer dan bahkan pendiri startups, Comma Indonesia dibentuk oleh orang-orang yang awalnya memiliki latar belakang korporasi dan kemudian mulai terjun ke dunia freelance dan entrepreneurship.  Itu sebabnya nuansa yang dibawa oleh kedua konsep ini agak berbeda. Meskipun demikian, tujuan akhirnya tentu saja sama. Memberikan tempat yang nyaman untuk berkolaborasi.

Salah seorang pendiri Comma Indonesia, Ario Pratomo, mengatakan bahwa Comma Indonesia ingin memberikan sumbangsih bagi setiap kolaborasi yang hadir. Tujuan besarnya adalah untuk menghadirkan Indonesia yang lebih baik. Buat para penggagas tempat ini, Comma Indonesia bukan sekedar tempat yang nyaman untuk bekerja dan berfasilitas baik.

Lebih dari itu, mereka ingin membantu orang-orang yang memanfaatkan Comma Indonesia untuk bisa  meningkatkan kreativitas dan menghasilkan hasil karya terbaik. Tim Comma Indonesia menyadari bahwa komunitas yang memanfaatkan Comma Indonesia sebagai tempatnya berkarya adalah kekuatan bagi coworking space itu sendiri.

Lokasi Comma Indonesia bisa dibilang sangat strategis, terletak di One Walter Place Lantai 3 – Jalan Wolter Monginsidi 63B Jakarta Selatan, yang sangat dekat dengan kawasan Segitiga Emas. Meskipun per hari ini (10 November 2012) Comma Indonesia sudah melakukan soft launching, mereka belum akan menerima pendaftaran secara umum hingga awal Desember. Selama bulan November ini mereka akan melakukan trial dan mencari feedbacks tentang pengelolaan coworking space ini.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang Comma Indonesia, Anda bisa mengontak tim pengelolanya via Twitter @CommaID ataupun email ke ika[at]comma-indonesia.co.

Selain di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, kami sempat memuat info-info soal coworking space di Malang, Ubud dan Medan. Semoga ini menjadi awal bagi lebih banyak lagi coworking space di Indonesia untuk menunjang penciptaan kreativitas dan kolaborasi.

[gambar via]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…