Categories

Gadget

Brand PC Era 80-an, "Commodore", Hidup Lagi Dalam Wujud Smartphone

Bambang Winarso - 15 July 2015

Jika Anda hidup dan tumbuh di era tahun 1980-an, Anda mungkin mengenal baik sebuah brand PC bernama Commodore. Commodore adalah sebuah brand pembuat PC yang cukup tenar di era itu, bahkan didapuk sebagai pemimpin pasar dan memegang peran penting dalam revolusi PC.

Setelah dinyatakan bangkrut di tahun 1994, Commodore secara mengejutkan kembali hidup tapi kali ini dalam rupa smartphone. Misi baru Commodore diwujudkan dalam sebuah perangkat bernama Commodore PET.

Reinkarnasi Commodore dalam wujud Commodore PET merupakan bahasan yang menarik dan kehadirannya saya rasa akan jadi perbincangan banyak orang terutama pemerhati dunia teknologi. Orang-orang di baliknya tentu sudah mempertimbangkan banyak hal, termasuk soal ketatnya persaingan, tidaknya dari segi harga tapi juga inovasi.

Salah satu pertimbangan yang mungkin ada di benak mereka barangkali fakta bahwa industri mobile mempunyai pangsa pasar yang sangat besar. Bisa jadi, mereka menemukan celah pasar yang bisa digarap dengan potensi yang mereka miliki.

Info Menarik: Apa Itu Periscope, Fitur dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Saat membaca spesifikasi Commodore PET yang dilansir oleh Wired, saya melihat ponsel Android ini akan berkecimpung di kelas menengah. Ditandai dengan layar 5,5 inci IPS FULL HD yang dilapisi oleh Gorilla Glass 3, kemudian prosesor MediaTek 1,7GHz, kamera 13MP dengan bukaan f/2.0, sebuah kamera 8MP dan baterai 3.000mAh.

Komponen kameranya cukup istimewa, dimana kamera utama mampu menangkap objek gambar hingga 4096 x 2305 piksel. Sementara kamera depan memiliki sudut tangkapan 80 derajat untuk menangkap pose selfie dengan hasil terbaik.

Untuk bersaing di kelas menengah, Commodore PET dilengkapi dengan dukungan dual SIM dan teknologi jaringan super cepat, 4G LTE.

Aroma nostalgia tampaknya juga ingin dihadirkan oleh Commodore dengan mempersiapkan dua emulator yang akan terpasang di ponsel serta dukungan sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang telah dirombak.

Info Menarik: 5 Aplikasi Android untuk Para Jomblo yang Gagal Move On

Emulator yang digunakan adalah tipe VICE C64 dan Uae4All2-SDL Amiga yang dimodifikasi sehingga memungkinkan pengguna memainkan game-game klasik tahun 1980-an namun dengan pengalaman yang lebih maju.

Commodore PET akan hadir dalam dua versi, versi standar menawarkan RAM 2GB dan memori 16GB dilepas seharga $300. Kemudian varian superior dibekali RAM 3GB dan memori 32GB dilepas di kisaran $365. Keduanya diperkirakan akan dirilis minggu ini di Eropa.

Sumber berita Wired.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter