Categories

Gadget

Console Handheld Mirip GameBoy Ini Bermesin Raspberry Pi

Oki Rosgani - 1 September 2015

Anda mungkin masih ingat console handheld besutan Nintendo bernama Gameboy. Perangkat game portable yang sempat populer pada awal tahun 90-an itu dahulu kerap menjadi idaman anak-anak maupun orang dewasa.

Kita tahu pihak Nintendo tidak lagi memproduksi Gameboy, warisannya diteruskan pada 3DS. Namun pecinta gadget retro ini masih ada, terbukti dengan banyaknya aplikasi emulator yang tersebar, baik untuk platform PC maupun Android dan iOS.

Sebuah perusahaan bernama RobotLovesKitty telah melahirkan jelmaan terkini device console game portable tersebut. Namun berbeda dari Gameboy versi tahun 1989 itu, GameKid dari RobotLovesKitty sedikit unik. Ia dibuat dengan berbasis mesin Raspberry Pi 2, yakni sebuah modul komputer berukuran mungil yang dapat dikustomisasi oleh pengguna.

Memiliki bentuk yang nyaris serupa seperti Gameboy, GameKid hadir dengan casing hasil cetak printer 3D. Di dalam device, terpasang software emulator open source RetroPie, memungkinkan perangkat menjalankan sejumlah game Nintendo lawas via kartu SD. Ia juga dilengkapi file musik MP3 sebagai pendukung.

Informasi Menarik: Komputer Mungil Orange Pi Siap Saingi Raspberry Pi

Karena dibuat berbasis modul Raspberry Pi, GameKid memiliki sejumlah perbedaan dengan Gameboy orisinil. Contohnya adalah kehadiran port HDMI agar output-nya bisa ditampilkan pada layar lebih besar, serta port USB yang bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa unit GameKid demi mendukung multiplayer. Selain itu, GameKid mempunyai empat tombol action di kanan - cuma tersedia dua buah tombol action di Gameboy.

Saat ini RobotLovesKitty tengah mencari penyokong dana melalui websiteKickstarter untuk membawa GameKid ke tahap produksi selanjutnya. Mereka juga membuka kesempatan bagi para programmer untuk membuat dan menambah koleksi game yang ada pada perangkat tersebut. Berdasarkan halaman Kickstarter, tampaknya developer telah mendapatkan dana lebih dari US$ 15.000 seperti yang mereka targetkan.

Informasi Menarik: Seperti Inikah PC Terkecil dan Paling Murah di Dunia?

Backer di level US$ 100 akan memperoleh kit tanpa modul Raspberry Pi ataupun kartu memori. Opsi ini mengharuskan mereka menyiapkan modul Raspberry sendiri. Kit ini kompatible dengan modul Raspberry Pi A+, B+ dan Raspberry Pi 2. Backer bisa menukarkan uang sejumlah US$ 140 untuk mendapatkan versi lengkap GameKid yang siap digunakan.

GameKid ini ditenagai baterai 2.500mAh. RobotLovesKitty mengklaim bahwa dengan baterai sebesar itu serta modul komponen Raspberry Pi A+, kita dapat menggunakannya selama kurang lebih 5 jam. Selain device gaming portable, GameKid ini juga bisa difungsikan buat mesin komputasi biasa layaknya Raspberry Pi.

Video di bawah ini menjelaskan secara detail, spesifikasi dan kemampuan yang dimiliki oleh GameKid:

Sumber: Liliputing, Kickstarter, RobotLovesKitty

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter