15 January 2016

by Yoga Wisesa

Console IndieGo Dirancang Untuk Jalankan Semua Game Retro

Didesain untuk menjalankan game-game Amiga CD32, Sony PlayStation, Sega Saturn, Sega CD, TurboGrafx, SNES, dan Sega Genesis.

Berkat dorongan faktor nostalgia dan kesuksesan bundel kompilasi permainan di era console generasi keenam dan ketujuh, retrogaming kembali memperoleh perhatian. Sejumlah developer mencoba meramu karya digital dengan gaya klasik, sedangkan tim lain malah fokus pada penciptaan hardware pendukungnya. Ares Computer masuk dalam kategori kedua.

Kita sudah melihat beberapa mesin gaming retro dengan penyajian unik contohnya The Polycade dan Tiny Arcade, namun developer dari Jerman itu mengambil pendekatan lebih praktis, layaknya penyuguhan console modern. Lewat Kickstarter, Ares memperkenalkan IndieGo, sebuah platform permainan all-in-one buat menjalankan judul-judul lawas. Produk diklaim memberikan kita akses ke ribuan game tua, ditenagai penerus OS Commodore Amiga.

IndieGo hadir dalam wujud balok, hampir menyerupai komputer mungil apalagi dengan case mini-ITX-nya. Komponen terpenting IndieGo ialah DVD-RW build-in, digunakan untuk mengoperasikan game-game Amiga CD32, Sony PlayStation, Sega Saturn, Sega CD, TurboGrafx, SNES (Super Famicom), dan Sega Genesis (Mega Drive). Sejumlah permainan memerlukan file ROM tambahan, tetapi proses instalasinya sangat mudah.

Console spesialis game klasik ini memanfaatkan board Raspberry Pi 2 (atau Ordroid C1/XU4) sebagai jantungnya, ditopang RAM 1/2GB dan flash memory 32GB. Ia dilengkapi reader SD card, sepasang port USB, dan kompatibilitas USB joypad. DVD-RW ditugaskan buat menangani permainan-permainan PC, PlayStation dan Amiga CD32. Ares Computer menegaskan, IndieGo mereka tidak sama seperti console retro sejenis, yang pada dasarnya hanya menyodorkan Raspberry dengan RetroPie.

Elemen andalan yang tidak kalah krusial dari IndieGo adalah IndieGo OS. Ia diracik berbasis EmulationStation, Kodi, Aeros, AMC, EmuLA dan IndieGo Marketplace. Platform dirancang secara terbuka sehingga Anda bebas melakukan modifikasi. Di sana, Ares turut menyertakan game-game shareware pre-installed, antara lain Doom, Quake, Duke Nukem, dan Whacky Wheels, serta versi full Jim Power. Sisanya bisa diakses lewat app store.

Tentu retrogaming tidak akan lengkap tanpa dukungan aksesori kendali, dan Ares tidak lupa membundel IndieGo bersama gamepad mirip DualShock dan Super Nintendo (tanpa merek). Developer juga menyediakan adapter tambahan, jika Anda kebetulan mempunyai gamepad SNES atau Mega Drive yang masih berfungsi.

Ares Computer kabarnya hanya memproduksi IndieGo dalam skala kecil, dan tidak mempunyai rencana untuk melangsungkan kampanye kedua. Jadi jika Anda tertarik, sebaiknya segera pesan Indie Go sekarang di Kickstarter. Bundel console-OS dijajakan mulai dari ‎€ 150 atau sekitar US$ 163.