Konferensi Microsoft merupakan salah satu momen yang paling dinanti di E3 2017 karena mereka punya agenda untuk mengungkap console baru di sana. Presentasi dilakukan subuh tadi, sengaja difokuskan buat memamerkan kecanggihan perangkat bertenaga 6-TFLOP spesialis konten next generation yang dahulu dikenal sebagai Project Scorpio.

Xbox One X

Xbox One X adalah nama resmi dari Project Scorpio, dan di E3 2017, Microsoft menyingkap segala detail – termasuk rupa dan harga. Wujud Xbox One X hampir menyerupai Xbox One S dengan bernama hitam. Terlepas dari hardware canggih di dalamnya, ia merupakan console Xbox One paling mungil. Xbox One X rencananya akan dilepas di bulan November 2017, dibanderol di harga yang ‘masuk akal’, hanya US$ 500.

Selain itu, Microsoft juga berencana untuk memperluas fitur backward compatibility di Xbox One. Kini ia siap menjangkau Xbox generasi pertama. Sesudah fitur ini tersedia, Anda hanya tinggal memasukkan disc game lawas untuk bisa menikmatinya di Xbox One. Permainan kabarnya akan tersaji lebih baik – secara visual serta gameplay. Tapi untuk sakarang, baru ada satu judul yang dikonfirmasi, yaitu Crimson Skies: High Road to Revenge.

Anthem

Anthem dibahas lebih lengkap di atas panggung Microsoft dibanding EA. Di sana, porsi gameplay permainan action-RPG itu disingkap dalam video berdurasi hampir tujuh menit. Berkat dukungan engine Frostbite, grafisnya sangat indah, dan saya harap tidak ada downgrade di versi retail-nya nanti. Anthem menempatkan Anda sebagai salah seorang Freelancer, para petualang yang dibekali baju zirah hi-tech Javelin.

Assassin’s Creed Origins

Di konferensi Microsoft, eksistensi dari Assassin’s Creed Origins akhirnya dikonfirmasi. Game stealth action itu akan membawa Anda menjelajahi negeri Mesir kuno dan menjadi saksi dimulainya perseteruan antara Assassin dan Templar. Origins memperkenalkan tokoh utama bernama Medjay, pemuda yang diberi tanggung jawab untuk melindungi bangsanya. Ubisoft membenamkan lebih banyak elemen role-playing serta menyempurnakan sistem pertempuran – sehingga sedikit menyerupai Dark Souls.

Forza Motorsport 7

Turn 10 merupakan salah satu tim developer yang membantu penggarapan Xbox One X, dan permainan simulasi balap terbaru diramu untuk memaksimalkan kemampuan hardware-nya. Kabarnya, Forza Motorsport 7 siap menghidangkan pengalaman 4K gaming di 60fps, dibumbui sistem pencahayaan dan cuaca dinamis, dan juga dimeriahkan oleh lebih dari 700 tipe mobil. Permainan akan tersedia di seluruh tipe Xbox One dan PC pada tanggal 3 Oktober 2017.

Black Desert Online

Microsoft punya rencana untuk menghadirkan permainan MMORPG populer PC, Black Desert, di console current-gen mereka. Game akan didukung mode 4K sehingga berjalan optimal di Xbox One S.

Crackdown 3

Sunyinya kabar mengenai Crackdown 3 setelah diungkap di E3 2014 dipecahkan oleh pengumuman yang dilakukan oleh Terry Crews. Crackdown 3 terlihat hampir menyerupai game sebelumnya, menyajikan aksi bombastis di dunia permainan open-world. Masih belum diketahui apakah Terry Crews akan betul-betul hadir sebagai karakter game atau tidak. Crackdown 3 rencananya dirilis pada tanggal 7 November 2017.

Dragon Ball Fighter Z

FighterZ ialah permainan fighting tradisional dengan grafis cell-shaded yang mengadu karakter-karakter Dragon Ball Z legendaris. Berbeda dari seri Xenoverse, Fighter Z dikembangkan oleh tim di belakang permainan Guilty Gear, fokus pada pertarungan dua dimensi yang dikombinasikan bersama bumbu ‘brawl‘ tiga versus tiga. Game ini baru tersedia di awal 2018.

Life is Strange: Before the Storm

Before the Storm disiapkan sebagai prekuel dari Life is Strange, kali ini hanya dibagi ke dalam tiga episode. Permainan akan mempertemukan Anda dengan karakter yang sering disebut di Life is Strange, tetapi nasibnya tidak diketahui. Rincian mengenai narasi, dan eksistensi dari sistem ‘time travel‘ yang membuat permainan terdahulunya begitu unik belum diketahui.

Life is Strange: Before the Storm meluncur di tanggal 31 Agustus 2017. Developer Dontnod memercayakan tim Deck Nine Games untuk mengerjakan prekuelnya itu.

Metro Exodus

Sekuel kedua dari permainan shooterhorror/survival yang diangkat dari novel tulisan Dmitry Glukhovsky dipamerkan di acara Microsoft. Kali ini, game tampaknya mengusung formula open-world, akan tersedia baik di platform Sony maupun Microsoft.

PlayerUnknown’s Battlegrounds

Battlegrounds akan hadir di Xbox One tahun ini.

Minecraft

Permainan sandbox populer ini akan mendapat dukungan fitur cross-platform sehingga bisa dimainkan bersama-sama dari perangkat mobile, console serta PC. Mojang juga punya agenda untuk melepas visual pack, yaitu update yang diarahkan pada aspek grafis.

Sea of Thieves

Perilisan permainan lucu bertema bajak laut dari Rare ini diundur ke tahun 2018. Sebagai kompensasinya, Microsoft menunjukkan video gameplay berdurasi hampir 10 menit.

State of Decay 2

Game open-worldzombie survival‘ ini akan tersedia eksklusif di platform game Microsoft, dijadwalkan untuk meluncur pada musim semi 2018. Simak gameplaytrailer-nya di bawah.

ID@Xbox

Ada banyak permainan indie yang Microsoft pamerkan di E3 2017, di antaranya Cuphead, Deep Rock Galactic, Ori and the Will of the Wisps, The Last Night, The Artful Escape, Tacoma, dan Super Lucky’s Tale.