1. DScovery

Contoh Cover Letter dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Beserta Tipsnya

Cover letter merupakan berkas yang perlu dipersiapkan dalam melamar pekerjaan.

Selain CV, cover letter merupakan salah satu berkas yang perlu dibawa saat hendak melamar pekerjaan. Biasanya, cover letter berisi mengenai motivasi dan alasan kamu melamar pada posisi tersebut. Selain itu, cover letter juga biasanya menekankan penjelasan kenapa kamu cocok berada di posisi tersebut.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan ketika membuat cover letter? Berikut beberapa tips yang sudah dirangkum oleh dailysocial.id.

Pengertian Cover Letter

Cover letter biasa disebut juga sebagai surat pengantar kerja. Cover letter dikirim bersamaan dengan CV pada saat melamar pekerjaan. Biasanya, cover letter merupakan hal pertama yang dilihat oleh perusahaan sebelum melihat berkas lainnya. Oleh karena itu, cover letter harus dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat recruiter terhadap lamaranmu.

Cover letter juga berbeda dengan CV. CV umumnya berisi mengenai data diri pelamar, seperti riwayat pekerjaan, pendidikan, serta pengalaman yang pernah dicapai. Sementara cover letter lebih menekankan pada minat dan alasanmu untuk melamar pada posisi tersebut.

Tips Menulis Cover Letter

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus yang harus dilakukan dalam menulis cover letter. Namun, agar cover letter-mu menarik perhatian recruiter, maka kamu perlu memerhatikan beberapa tips berikut:

  • Gunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele
  • Cari tahu kepada siapa cover letter-mu ditujukan, baik kepada recruiter maupun HRD
  • Jangan lupa sertakan data diri, seperti nama, alamat, dan nomor kontak yang bisa dihubungi
  • Tuliskan ketertarikanmu untuk melamar pada posisi tersebut pada paragraf pembuka
  • Jelaskan skill dan pengalamanmu yang dapat dimanfaatkan untuk posisi yang kamu lamar
  • Tonjolkan kelebihanmu mengapa kamu cocok di posisi tersebut
  • Jelaskan apa yang ingin kamu lakukan untuk berkontribusi pada perusahaan
  • Tinggalkan pesan penutup yang kuat pada rekruiter

Contoh Cover Letter

Apabila kamu sudah mengetahui tips-tips dalam menulis cover letter, maka sekarang saatnya kamu untuk mengaplikasikannya. Berikut adalah contoh cover letter dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang bisa kamu aplikasikan.

Contoh Cover Letter dalam Bahasa Indonesia

Yth.

Bapak/Ibu HRD PT Stark Industries,

Perkenalkan saya Clara, seorang Sarjana Akuntansi Universitas Asgard. Saya menemukan lowongan posisi Akuntan di portal perusahaan Anda dan tertarik untuk melamar di posisi tersebut.

Saya yakin deskripsi pekerjaan yang dicantumkan di situs Anda sesuai dengan keahlian saya. Perusahaan ini membutuhkan orang yang sangat terorganisir dan sistematis, serta dapat berkerja di bawah tenggat waktu yang ketat dengan tidak membuat kesalahan. Saya yakin saya cakap untuk peran ini.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Staf Akuntansi selama 3 tahun di Hogwarts. Saya bertanggung jawab menghimpun rekening keuangan guna menyajikan laporan kepada para pengaudit. Saya juga salah satu perwakilan dari perusahaan yang mengikuti program pelatihan 4 bulan yang diadakan oleh Kantor Bea Cukai. Saya juga familiar dengan software akuntansi seperti Oracle, NetSuite, serta QuickBooks dan juga software Ms. Office yang umum.

Saya sangat antusias dengan kemungkinan bekerja di perusahaan Anda dan menunggu kesempatan untuk melangsungkan diskusi lebih lanjut tentang kualifikasi saya. Saya telah melampirkan daftar riwayat hidup saya sebagai acuan Anda.

Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat Saya,

Clara Alayna

[email protected]

(12)34567890

Contoh Cover Letter dalam Bahasa Inggris

October 26, 2022

Alex O’Brien

(123) 456-7891

[email protected]

Dear Hiring Manager,

I am grateful for the opportunity to apply for the Marketing position at Springfield Company. Marketing has been my lifelong passion, and I graduated with a four-year degree in Marketing from Springfield University. Marketing is a full-time commitment, and it is essential to always look for ways to improve a company's outreach. A successful marketing campaign is crucial to the long-term success of any company, and I believe that my unique skill set is perfect for this job.

I have previously worked in the Marketing department at Hawaii Tech, and I oversaw a wide variety of successful marketing campaigns. My primary goal was to increase brand awareness and reach new clients through social media, SEO practices, and traditional advertising platforms. Each marketing campaign was successful in raising interest and interaction with potential clients. I was able to achieve each marketing goal by working with other employees in a team-focused environment.

Reaching marketing goals is always a top priority, and I am always looking out for the best interests of the company. I enjoy delivering marketing presentations to potential clients and focusing on the strengths of an organization. My marketing skills at Hawaii Tech enabled the company to experience new levels of success and a 45% increase in customer engagement. I am never satisfied with the status quo, and I believe that a company should continually look for ways to improve and reach new clients through innovative campaigns.

Thank you for taking the time to read my cover letter. I hope to speak with you soon and learn more about the opportunities for a Marketing position at Springfield Company. Working in the marketing field is a fantastic opportunity, and I believe that I am a great fit at Springfield Company with my unique skill set and prior experience.

Sincerely,

Alex O’Brien

Nah, itulah beberapa tips dan contoh cover letter yang dapat kamu aplikasikan pada cover letter-mu. Kamu juga bisa menyesuaikannya lagi dengan profil dan posisi yang kamu lamar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again