1. DScovery

Contoh Laporan Keuangan Sederhana bagi Perusahaan

Meski banyak ragamnya, berikut beberapa contoh laporan keuangan sederhana bagi perusahaan secara umum

Laporan keuangan adalah hal yang tidak bisa dihindarkan bagi pelaku usaha. Baik itu usaha kecil sampai besar pasti memerlukan laporan keuangan untuk melihat posisi aktivitas bisnis perusahaannya.

Laporan keuangan ini digunakan sebagai acuan perusahan untuk mengukur kemajuan ekonomi dan pengambila keputusan ke depannya. Khususnya perusahaan besar, laporan keuangan cenderung lebih kompleks ditangani akuntan berpengalaman.

Namun, untuk memberikan gambaran padamu bagaimana laporan keuangan dibuat. DailySocial.id akan memberikan contohnya secara sederhana padamu di bawah ini!

Laporan Neraca

Laporan neraca merupakan laporan yang memperlihatkan kondisi keuangan sebuah perusahaan. Datanya berisi nilai dan posisi aktiva serta pasiva, yang pada akhirnya harus seimbang.

Jika nilainya terhitung tidak seimbang di ujung periode, artinya terdapat masalah pada posisi keuangan perusahaan.

Selain itu, dalam laporan neraca juga memuat catatan utang, modal, dan kewajiban. Contoh laporan keuangan neraca bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Laporan Keuangan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau income statement merangkum data kerugian serta keuntungan sebuah perusahaan.  Apabila jumlah pemasukan terlihat lebih banyak ad alaporan laba rugi, artinya perusahaan tergolong sukses.

Namun sebaliknya, jika angka pengeluaran lebih tinggi dari pemasukan, maka dapat dikatakan perusahaan sedalam dalam kondisi terancam.

Ada dua cara dalam membuat laporan laporan keuangan laba rugi yang pertama adalah secara langsung atau single step. Yaitu dengan merangkum seluruh pendapatan dari awal sampai akhir suatu kelompok.

Rangkuman itu kemudian dikurangi dengan otal biaya periode.

Contohnya seperti di bawah ini.

Cara kedua yaitu membuat laporan laba rugi secara bertahap, atau multiple step.

Cara ini tergolong lebih rumit sebab kamu harus membagi laporan dalam dua bagian, yaitu

  • Pendapatan operasional (kegiatan utama perusahaan)
  • Pendapatan non operasional (pendapatan di luar kegiatan pokok perusahaan)

Berikut contoh laporan laba rugi multiple step.

Laporan Perubahan Modal

Dalam akuntansi, laporan perubahan modal dikenal sebagai statement of changes in equity. Berfungsi untuk melihat kondisi modal perusahaan dan data baru ketika terjadi perubahan modal.

Disini kamu akan menemukan jumlah modal awal dan saldo terkini sebuah perusahaan. Selain itu juga kamu akan menganalisa perubahan saldo modal awal dan akhir periode di ujung laporan.

Agar laporan lengkap, ada beberapa data khusus yang kamu perlukan. Data-data tersebut termasuk modal awal periode, jumlah laba dan rugi, serta pengambilan dana pribadi oleh pemilik bisnis. Maka dari itu, laporan perubahan modal tidak bisa dibuat sebelum laporan laba rugi selesai dihitung.

Berikut adalah contoh laporan keuangan perubahan modal.

Laporan Keuangan Arus Kas

Sebelum membahas laporan keuangan arus kas, kamu harus tau dulu mengenai catatan kas utama.

Membuat laporan keuangan akan sulit tanpa kehadiran buku catatan kas utama. Buku ini merangkum semua pengeluaran dan pemasukan perusahaan, baik itu dalam bentuk uang atau barang. Di sini, kamu bisa melihat seberapa banyak keuntungan atau kerugian yang dialami perusahaan.

Nah, data yang terkumpul di kas utama akan digunakan dalam laporan keuangan yang satu ini. Laporan arus kas atau cash flow statement berfungsi sebagai data arus kas masuk dan keluar.

Laporan keuangan ini memberi tahu kamu berapa banyak uang tunai yang telah ditarik dari bisnismu dan apakah jumlah itu sesuai dengan penghasilan. Data di atas digunakan untuk memperkirakan perputaran keuangan perusahaan di masa depan.

Laporan arus kas juga merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan instansi. Untuk melihat arus kas masuk, kamu dapat melihat dua sumber: pinjaman dan pendanaan.

Untuk membuat laporan keuangan arus kas, kamu dapat memeriksanya berdasarkan total pengeluaran perusahaan kamu. Biaya terkait dapat berupa investasi atau kegiatan operasional.

Berikut contoh laporan keuangan arus kas.

Itulah beberapa contoh laporan keuangan secara sederhana. Biasanya semakin besar perusahaan pengerjaan laporan keuangan akan semakin kompleks disesuaikan kebutuhan perusahaan. Pada kebanyakan intitusi bahkan mereka juga menggunakan aplikasi komputer akuntansi sebagai alat mempermudah contohnya MYOB, Zahir, dan Accurate.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again