1. DScovery

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS dalam Mencari Pekerjaan

Lowongan kerja CPNS diketahui menjadi salah satu lamaran yang banyak diburu masyarakat Indonesia

Lowongan Kerja Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah salah satu lowongan yang paling didambakan oleh masyarakat Indonesia. Sebagian orang bangga menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Oleh karena itu, tidak heran setiap kali peluang ini terbuka, pasti disergap oleh berbagai kalangan, sehingga pilihannya sangat sempit.

Oleh karena itu, untuk lolos seleksi tahap pertama, kamu perlu mengetahui contoh formulir pendaftaran CPNS. Mempelajari contoh surat lamaran CPNS hanyalah salah satu dari sekian banyak persiapan yang perlu  dilakukan. Ada persiapan lain seperti sejarah Indonesia, UUD 1945 bahkan pelajaran matematika.

Selain itu, ada tes yang menguji pengetahuan tentang kedua hal ini, jadi kamu juga harus membiasakan diri dengan institusi dan posisi yang terdaftar.

Namun, karena ini adalah titik masuk ke tahap seleksi berikutnya, penting untuk memperhatikan persyaratan administrasi.

Berkas Administrasi Lamaran CPNS

Seleksi administrasi merupakan tahap pertama dari jalur seleksi CPNS perseorangan. Di sini, pemohon harus mengunggah (upload) beberapa persyaratan yang diperlukan seperti: Contoh : surat lamaran, ijazah, pas foto, KTP, transkrip nilai, dll. Jangan salah unggah file dan penamaan.

Karena sejumlah besar pelamar gagal dalam tahap seleksi administrasi bisa jadi hany karena kesalahan kecil.

Beberapa kesalahan yang sering ditemui adalah surat lamaran tidak ditujukan ke kementerian atau instansi yang dilamar, warna latar belakang foto tidak sesuai, atau lupa mengunggah dokumen yang diminta.Pelamar harus membaca persyaratan dengan cermat karena setiap kementerian dan lembaga memiliki persyaratan yang berbeda.

Sebuah kesalahan kecil dapat menyebabkan seseorang gagal dan menghentikan mereka maju ke tingkat berikutnya.

Format Surat Lamaran Kerja

Sebuah surat permohonan kerja dapat disebut baik dan benar jika memuat unsur-unsur penting yang harus dicantumkan. Apa saja yang harus ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan? Delapan hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah:

  1. Tempat dan tanggal surat dibuat
  2. Alamat yang dituju
  3. Salam pembuka
  4. Pembuka surat
  5. Isi surat
  6. Lampiran
  7. Penutup surat
  8. Tanda tangan dan namamu

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Surat Lamaran Kerja CPNS Pemerintah Provinsi

Surat Lamar Kerja CPNS Pemerintah Kabupaten

Surat Lamaran Kerja CPNS Kementerian

Contoh Surat Lamaran CPNS di atas dapat dipilih dan disesuaikan dengan institusi yang kamu lamar. Juga, jangan lupa untuk menyesuaikan formasi yang kamu pilih, apakah itu formasi biasa atau formasi khusus. Pastikan semua file terkumpul dengan baik dan rapi.

Selain itu, kamu hanya dapat mengajukan CPNS satu kali per periode. Ini berarti pelamar hanya dapat melamar ke satu institusi dan harus mempersiapkannya dengan baik. Jika kamu gagal hanya karena alasan administratif, kamu harus menunggu sampai batas waktu berikutnya dan mendaftar lagi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again