Tanpa kita sadari, smartphone sudah menjadi pusat kendali untuk berbagai macam hal. Mulai dari bohlam pintar di rumah, kamera sampai drone dapat dikendalikan dari jauh menggunakan ponsel. Hal yang sama ternyata juga berlaku untuk salah satu aplikasi edit foto terpopuler di PC ataupun Mac, yaitu Adobe Lightroom.

Adalah fotografer sekaligus developer Aaron Vizzini yang merealisasikan konsep unik ini. Dia menciptakan aplikasi smartphone bernama Control Room yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto menggunakan Lightroom tanpa menyentuh keyboard atau mouse sama sekali.

Sebagai gantinya, semua tool yang tersedia dalam Lightroom tersaji dengan rapi di aplikasi Control Room. Slider untuk mengatur suhu warna, kontras, saturasi dan lain sebagainya dapat diakses dari smartphone, dan semua perubahan yang ditetapkan akan langsung terlihat di komputer secara real-time.

Control Room for Adobe Lightroom

Control Room juga dapat disesuaikan dengan alur kerja masing-masing pengguna. Kalau memang mau, pengguna dapat merancang sendiri tool apa saja yang akan ditampilkan di aplikasi, sehingga yang tidak pernah disentuh bisa disingkirkan.

Selain untuk membantu proses editing, Control Room juga dirancang untuk membantu pengguna mengorganisasikan foto berdasarkan rating, label, flag dan lainnya. Control Room saat ini sudah tersedia untuk iOS dan Android seharga Rp 59 ribu. Sebelum memakainya, pengguna juga harus mengunduh dan meng-install plugin Lightroom-nya terlebih dulu.

Sumber: PetaPixel.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.