18 June 2021

by Lukman Azis

Contuerpoint: Pangsa Pasar Apple iPad Terus Tumbuh di Q1 2021 & Diikuti Samsung

iPad menguasai 37% dari pangsa pasar tablet pada Q1 2021

Your next computer is not a computer, begitulah Apple mendeskripsikan iPad pada video iklan terbarunya di YouTube. Ya, seperti yang kita ketahui iPad semakin powerful dengan chip M1 yang menghadirkan lompatan performa yang benar-benar signifikan.

Saat dipadukan dengan aksesori Magic Keyboard dan Apple Pencil, saya setuju dengan Apple dan sangat tertarik bekerja dengan iPad selayaknya komputer tetapi bagi saya jelas bukan komputer utama atau satu-satunya. Apple jelas menahan diri dalam mengembangkan iPadOS dan masih mempertahankan keterbatasan iPad untuk melindungi MacOS atau sistem operasi komputer yang sebenarnya dari Apple. Lalu, bagaimana pangsa pasar iPad saat ini?

Menurut laporan terbaru dari Counterpoint memperlihatkan bahwa pangsa pasar tablet secara global iPad telah tumbuh sebesar 53% dari tahun ke tahun di Q1 2021 dengan total pangsa pasar 37%. Pada kuartal yang sama tahun sebelumnya iPad menguasai 30% dari pangsa pasar.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Apple dan Samsung sama-sama diuntungkan pada tahun 2020 dari penurunan persaingan pasar tablet. Keduanya secara agresif merilis dan mempromosikan model-model baru, sementara produsen lain tidak lagi merilis tablet baru. Tablet Samsung yakni Galaxy Tab S7 dan S7+ juga menjadi lawan tangguh bagi iPad Pro.

Apple menjual 33% lebih banyak unit iPad di seluruh dunia pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 dan terus memimpin pasar, memperluas pangsanya menjadi 37% pada Q1 2021. Apple tumbuh di semua wilayah utama, terutama di Jepang, di mana penjualannya terus mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

Bagan di atas menunjukkan bahwa pangsa pasar Samsung, Lenovo, dan Samsung semuanya tumbuh dari Q1 2020. Pangsa Huawei turun dari 11% di Q1 2020 menjadi hanya 5% di Q1 2021. Merek lainnya pangsa pasar gabungan turun 10%.

Meskipun model dasar iPad merupakan sebagian besar penjualan tablet Apple, Analis Senior Counterpoint Liz Lee menjelaskan bahwa semua model di seluruh jajaran iPad berkinerja baik. Model dasar iPad terdiri 56% dari seluruh penjualan iPad di Q1 2021, sementara iPad Air 4 dan model Pro masing-masing terdiri dari 19% dan 18%. Hasilnya iPad 8 menjadi model terlaris sedangkan iPad Air 4 peringkat kedua.

Sumber: GSMArena