Pada bulan Juni 2016 lalu Convergence Ventures menggagas acara pertemuan antara investor Tiongkok dengan beberapa pelaku startup di Indonesia. Acara yang diinisiasi venture capital yang dipimpin oleh Adrian Li dan Donald Wihardja ini mengundang investor Tiongkok untuk datang dan berinvestasi di Indonesia.

Investor Tiongkok yang datang ke Indonesia adalah Victor Yuan (Founder of Horizon-China & Feimalv Capital), Bob Xu (Founder of ZhenFund), Wensheng Cai (Founder of Longling Capital & Chairman of Meitu), Kai-Fu Lee (Chairman & CEO of Innovation Works), Zhengdong Ni (Founder, Chairman, CEO of Zero2IPO Group), Xiangyang Yang (Founder of Shenzhen Resource Investment), dan Charles Xue (angel investor).

“Dalam rangkaian kegiatan tersebut kami menjadwalkan mengunjungi kantor startup seperti Tokopedia dan Go-Jek. Para tamu dari Tiongkok tersebut mendapat kesempatan bertemu langsung dengan William Tanuwidjaya dan Nadiem Makarim. Kami juga menjadwalkan sesi presentasi dengan startup Indonesia lainnya di hadapan angel investor dengan tujuan untuk memahami lebih mendalam pasar Indonesia,” kata Senior Investment Analyst Convergence Ventures Faiz A. Rahman kepada DailySocial.

Faiz menambahkan kunjungan beberapa investor asal Tiongkok tersebut merupakan hasil hubungan baik yang sebelumnya telah dibina Adrian saat berada di Tiongkok selama 6 tahun sebagai entrepreneur, termasuk relasi yang baik dan terus terjaga dengan Bob Xu (Founder of ZhenFund).

“Kunjungan para investor asal Tiongkok tersebut berawal dari pertemuan antara Managing Partner Convergence Ventures Adrian Li dengan Bob Xu dan mengkombinasikan pertemuan rutin angel investor Tiongkok dengan perjalanan ke Indonesia,” kata Faiz.

Dengan digelarnya sesi kunjungan tersebut diharapkan bisa membuka lebih banyak kesempatan startup asal Indonesia untuk mendapatkan investasi dari para investor asal negara Tiongkok, dan tentunya bermanfaat bagi kedua pihak.

Berencana berinvestasi di tiga startup lagi

Sebagai salah satu venture capital asing di Indonesia, Convergence Ventures hingga kini telah berinvestasi di berbagai startup, di antaranya adalah YesBoss, Money Smart, Adskom, Ematic, Nida Rooms, Seekmi, Xfers, Black Garlic, Moka Pos, E27, Paktor, MalesBanget.com, Indo Trading, Qraved, Female Daily, Xendit, dan Laku6.com. Untuk melengkapi jumlah startup yang didanai menjadi 20, dalam waktu dekat Convergence Ventures akan berinvestasi di 3 startup lokal.

“Hingga akhir tahun 2016 kami berencana untuk mendanai 3 startup lokal. Convergence Ventures selalu melihat peluang baru serta potensi lebih dari startup dengan beragam industri dan vertikal. Kami pun memiliki beberapa sektor favorit untuk diinvestasikan,” kata Faiz.

Selain memberikan investasi kepada 3 startup lokal, dalam waktu dekat Convergence Ventures juga akan menambah tim, di antaranya business development, operation dan investment untuk mendukung portofolio perusahaan.