Categories

Gadget

Coocaa Luncurkan Android SmartTV 50 Inci dengan Harga Terjangkau

Anda bisa instal aplikasi dan game di televisi ini

Dimas Galih W. - 2 August 2018

Mungkin banyak yang belum mendengar merek Coocaa. Merek dagang asal Tiongkok milik perusahaan bernama Skyworth ini sudah berjualan di Indonesia semenjak tahun 2010 lalu. Skyworth juga merupakan perusahaan yang membeli pabrik Toshiba di Cikarang.

Skyworth saat ini ingin mengisi pasar Indonesia dengan perangkat TV LED terbaru mereka, yang salah satunya adalah Android SmartTV. Mereka pun mengadakan peluncuran pada kantor Lazada lantai 21 gedung Capital Place pada tanggal 1 Agustus 2018. Selain meluncurkan produk TV, Coocaa juga mengumumkan bahwa mereka juga mengganti logo mereka.

Coocaa menjual TV LED dengan model 40D3A dengan dimensi layar 40 inci, 32D3T dengan layar 32 inci, dan 24D3A dengan layar 24". Ketiganya menggunakan layar dengan jenis IPS. Model 40D3A mendukung resolusi 1920x1080, sedangkan dua selanjutnya hanya mendukung resolusi 1280x720 saja.

Coocaa 40D3A

Selain tiga model TV tersebut, ada satu produk yang sangat menarik untuk dibahas. Coocaa juga meluncurkan TV dengan model 50S5G yang merupakan sebuah Android SmartTV. Sistem operasi yang dibenamkan pada smartTV ini adalah Android Nougat 7.0 yang bakal menerima update sistem operasi selama tiga tahun ke depan.

Coocaa 50S5G juga sudah memiliki Google Applications, di antaranya adalah Google Assistant yang sudah mampu terhubung dengan perangkat IoT lainnya. Google Assistant juga sudah dapat diperintah melalui suara, sehingga dapat digunakan layaknya perangkat Google Home.

Coocaa 32D3T

SmartTV ini menggunakan empat inti prosesor Cortex A53 dengan GPU Mali T820. RAM yang terpasang memiliki kapasitas 2,5 GB dan storage internalnya 16 GB. 50S5G juga mampu ditancapkan USB flash drive dan hard disk eksternal sampai dengan 3 TB.

Coocaa mengklaim bahwa layar dari smartTV ini menggunakan teknologi buatan mereka sendiri. Layarnya sendiri sudah mendukung HDR 10 dengan standar dari Dolby. Dengan dimensi 50 inci, TV ini sudah mendukung resolusi 4K.

Coocaa 24D3A

Dengan menghadirkan Google Apps, SmartTV ini bisa diinstalasikan semua aplikasi dan game yang ada pada Google Play Store. Sayang memang, dengan storage internal yang hanya 16 GB membatasi banyaknya aplikasi yang dapat dipasang pada smartTV ini.

Pengalaman Bermain

Saat melihat spesifikasinya, kami cukup skeptis bahwa smartTV ini bisa digunakan untuk bermain game-game yang dikenal dengan baik. Saat acara peluncurannya, pada produk demo sudah terpasang dua macam game. Yang pertama adalah Angry Bird dan Asphalt Nitro. Sebuah game pad bluetooth pun juga hadir disana.

Coocaa 50S5G

Kami mencoba bermain Asphalt Nitro untuk mengetahui seberapa baik TV ini menjalankan sebuah game. Sayang memang, game Asphalt Nitro cukup terasa lag saat dimainkan. Hal ini tentu saja membuat pengalaman bermain menjadi kurang nyaman. Kami pun menyarankan agar game yang dipasang pada smartTV ini adalah game-game lama agar dapat dimainkan dengan lancar.

Jalan lain yang bisa ditempuh, Coocaa melakukan kurasi game yang dapat dihadirkan pada TV ini. Hal tersebut tentu saja dilakukan untuk kenyamanan saat bermain game para pengguna 50S5G.

Walaupun begitu, smartTV ini memang tidak dirancang untuk khusus bermain game. Oleh karena itu, fungsi utama dari smartTV ini sudah lebih dari cukup untuk dipakai sebagai perangkat hiburan. Apalagi, dengan adanya built-in Chromecast, membuat pengalaman hiburan menjadi lebih baik lagi

Harga

Harga yang ditawarkan Coocaa untuk perangkat TV nya memang cukup murah. Untuk 24D3A dijual dengan harga Rp. 1.499.000 dengan harga promo Rp. 1.199.000. 32D3T dijual dengan harga Rp. 2.299.000 dengan harga promo Rp. 1.999.000. 40D3A dijual dengan harga Rp. 3.199.000 dengan harga promo Rp. 2.399.000.

Untuk Android smartTV 50S5G, harga MSRP nya adalah Rp. 8.999.000 dan dijual dengan harga promo Rp. 6.499.000. Coocaa menawarkan ganti baru selama 365 hari jika terjadi kerusakan.

Untuk ke empat TV ini dijual melalui e-commerce Lazada dan akan ditawarkan kepada para konsumen pada tanggal 8 Agustus 2018.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter