28 April 2017

by Yoga Wisesa

Smartphone Coolpad Cool Dual Tawarkan Kecanggihan Kamera Ganda di Harga Atraktif

Coolpad Cool Dual menyajikan kombinasi dari dua kamera 13-megapixel.

Smartphone dengan kamera ganda sedang jadi tren populer di kalangan produsen. Ia bukanlah teknologi baru, namun kembali menjadi topik panas setelah brand-brand ternama mulai mengadopsinya lagi. Setup dua sensor memberikan keleluasaan lebih dalam berkreasi, memungkinkan kamera merangkul lebih banyak objek serta menciptakan foto bokeh.

Tepat sehari setelah peluncuran trio handset Nubia di Indonesia yang dipimpin oleh M2, produsen Tiongkok lainnya turut merilis smartphone spesialis fotografi bersenjata dua kamera. Sejauh ini, smartphone berkamera ganda bukanlah produk yang tergolong ekonomis, tapi Coolpad mencoba mengubah stigma tersebut melalui pelepasan Cool Dual.

Dari penjelasan Coolpad, Cool Dual merupakan anggota pertama dari keluarga Cool, disiapkan sebagai hero product sang perusahaan Shenzhen di segmen menengah. Menurut produsen, teknologi ini akan 'mengubah peta permainan industri ponsel dan menjadi arahan baru perkembangan smartphone'. Sama seperti Nubia M2, kamera Coolpad Cool Dual menyajikan kombinasi dari dua sensor 13-megapixel.

Dari pengamatan saya melalui sesi hands-on singkat, Cool Dual adalah nama lokal dari Cool 1 Dual, handset hasil kolaborasi antara Coolpad dan LeEco yang diperkenalkan di bulan Agustus tahun lalu. Perangkat ini tersaji dalam dua pilihan spesifikasi, dan tampaknya konsumen tanah air memperoleh varian dengan konfigurasi paling dasar.

Kapabilitas fotografi lagi-lagi menjadi kebanggaan sang produsen. Coolpad menyematkan dua kamera Sony BSI CMOS 13Mp, satu bersensor RGB buat menangkap warna dan satu lagi ialah sensor monokromatis untuk membaca detail. Perpaduan keduanya dijanjikan membuat Cool Dual sanggup menyuguhkan foto-foto cantik meski diambil di kondisi kurang cahaya.

Coolpad menjelaskan bahwa teknologi kamera di Cool Dual membuatnya mampu menyerap cahaya lebih efisien, meningkatkan kejelasan gambar sebesar 20 persen, kecerahan naik 20 persen, lalu noise berkurang sebanyak 78 persen; namun mereka tidak menerangkan hal apa yang jadi acuannya - asumsi saya adalah jika dibandingkan dengan smartphone mid-range Coolpad sebelumnya.

Masing-masing kamera memanfaatkan lensa 6p dengan aperture f/2.0, turut dibantu fitur phase detection autofocus, smart view finding dan LED flash dual tone. Coolpad memanfaatkan teknologi BFC, sehingga kecepatan mengunci fokus lebih gesit 6 persen dari kamera smartphone ber-PDAF lain. Berkat kamera ganda dan dukungan algoritma, kita bisa lebih mudah menciptakan foto bokeh, bahkan memperkenankan pengguna mengubah fokus sesudah momen diabadikan.

Bagi Anda yang gemar mengutak-atik, Cool Dual menyediakan mode 'profesional', berisi tool-tool konfigurasi ala kamera DSLR. Lalu ada pula mode black and white jika Anda menginginkan hasil jepretan 'klasik' yang menonjolkan detail, serta night mode buat mengoptimalkan pengambilan gambar di malam hari. Cool Dual juga mempersilakan Anda menciptakan video slow motion, video 4K 30fps, hingga menciptakan animasi GIF.

Untuk keperluan selfie, Coolpad mengandalkan dua sensor 8-megapixel dengan lensa f/2.2. Via rilis pers, produsen menjelaskan bahwa arsitektur PureCel di kamera depan mampu menghidangkan foto diri yang terang dan rinci. Dan selanjutnya, foto juga diproses secara tiga dimensi sehingga wajah lebih terlihat alami.

Cool Dual ialah smartphone berlayar 5,5-inci full-HD dengan kepadatan 401ppi (masih belum mengikuti tren display 2.5D). Tubuh unibody-nya tersusun dari material magnesium-aluminium kelas pesawat terbang, dengan dimensi 152x74,8x8,2mm. Untuk memberikan kesan ramping, bagian pinggir sisi punggungnya dibuat melengkung. Layout tombol, port USB serta tray kartu SIM disajikan secara familier, dan Anda dapat menemukan sensor pemindai sidik jari tepat di bawah modul kamera.

Coolpad menyematkan system-on-chip Qualcomm Snapdragon 652 (CPU Cortex A53 quad-core 1,2GHz plus A72 quad-core 1,8GHz dan GPU Adreno 510) sebagai otak dari Cool Dual, kemudian membekalinya dengan RAM 3GB dan ROM 32GB. Kabar kurang menggembirakannya adalah, kapasitas penyimpanan internal Cool Dual tidak bisa ditambah meski tersedia dua slot kartu SIM di tray. Cool Dual menyuguhkan interface EUI versi 5.8, berbasis Android 6.0 Marshmallow.

Bagian baterai juga merupakan salah satu atraksi utama dari Cool Dual. Baterai 4.000mAh di sana diklaim mampu menjaga smartphone tetap aktif dalam waktu lama - 300 jam standby, gaming 24 jam, film 40 jam dan musik sampai 120 jam. Dan uniknya lagi, smartphone dapat Anda pakai sebagai power bank dadakan untuk perangkat lain - dilengkapi port USB type-C dan turut ditunjang fitur quick charge.

Di Indonesia, Coolpad Cool Dual disajikan dalam dua pilihan warna - yakni gold dan silver - dibanderol seharga Rp 3,2 juta.