1. Startup

Coowry Mungkinkan Konversi Pulsa Sebagai Alat Pembayaran Layanan Digital

Fokus untuk layanan "micropayment" seperti pembelian aplikasi, game atau konten digital lainnya

Model digital payment baru kembali hadir di Indonesia. Bernama Coowry, produk fintech yang baru berekspansi ke Indonesia ini mencoba menghadirkan solusi end-to-end untuk memungkinkan transaksi mikro seperti pembelian di marketplace, konten digital atau pembayaran produk afiliasi lainnya dilakukan secara mudah menggunakan pulsa seluler. Salah satu dasar pengembangan Coowry untuk memecahkan kompleksitas dan biaya micro-payment (layanan seperti appmarketplace) yang ada dalam ekonomi digital saat ini.

Solusi yang ditawarkan Coowry mencoba membuat pemrosesan micropayment mudah dan tanpa melibatkan banyak komponen, yakni bekerja sama dengan operator telekomunikasi sebagai agen pertukaran dan transaksi. Selain itu kemudahan akses juga menjadi concern dalam pengembangan, Coowry tidak didesain sebagai aplikasi, karena yang diperlukan hanya melakukan aktivasi menggunakan nomor seluler yang dimiliki.

"Operator telekomunikasi sangat mendukung, tidak hanya di Indonesia atau Asia Tenggara, namun juga para pemain regional di Amerika dan Eropa membantu sistem penyebaran kami. Di Asia Tenggara, kami didukung oleh Axiata dan di Indonesia kami beroperasi dengan XL Axiata, Indosat Ooredoo, Telkomsel dan Tri," ujar CEO Coowry David Moreno kepada DailySocial.

Untuk proses transaksinya pun tidak dikenakan biaya sama sekali. Ketika pengguna membeli barang seharga Rp10.000, maka nilai yang sama juga akan ditransfer ke merchant secara realtime. Batasan pembayaran bisa dilakukan dengan minimal transaksi senilai Rp1000.

Dua permasalahan pembayaran mikro yang ingin diselesaikan dengan Coowry

David turut menceritakan apa yang menjadi tujuan dari pengembangan produknya tersebut. Ada dua hal yang ia paparkan, yakni terkait dengan efisiensi dan aksesibilitas dalam pembayaran digital. Efisiensi pembayaran dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan transaksi bernilai kecil. Misalnya untuk membeli aplikasi dengan harga Rp20.000, pada umumnya pembeli akan berpikir kembali ketika harus melakukan pembayaran dengan nilai tersebut, namun dikenakan biaya transaksi yang nilainya hampir sama.

"...minimnya metode pembayaran di Indonesia dan tingginya komisi yang dikenakan menjadi permasalahan yang ingin kami selesaikan, terutama untuk jumlah kecil..."

Kemudian aksesibilitas juga ingin diberikan kepada para pemilik merchant untuk memberikan pilihan model transaksi yang lebih terjangkau. Termasuk ketika membutuhkan kegiatan seperti memberikan cashback atau pengembalian dana. Dengan sistem transfer pulsa atau pembayaran menggunakan pulsa akan lebih memudahkan penyampaiannya. Dinilai lebih efektif juga ketimbang menggunakan platform lain, yang tak sedikit harus menambahkan biaya berlangganan.

Pada awalnya fokus bisnis Coowry pada transaksi penjualan barang dan jasa digital, seperti game, aplikasi dan konten digital. Namun ketika melihat tren positif dari bisnis e-commerce di Indonesia, sehingga akan turut menjadi fokus penawaran model transaksi berikutnya.

"Belum. Kami baru memulai operasi kami dan kami sedang membangun di Indonesia," ujar David menerangkan kehadiran kantor perwakilannya di Indonesia.

Cara kerja Coowry sebagai layanan pembayaran

Ada dua cara untuk mengaktifkan nomor ponsel di layanan ini, melalui website atau melalui aplikasi Coowry yang saat ini sudah bisa diunduh di Google Play. Pengguna hanya perlu memasukkan nomor ponselnya, kemudian melakukan otentikasi melalui OTP (One-Time Password) via SMS. Setelah itu pengguna akan masuk ke halaman pengelolaan layanan. Di halaman tersebut pengguna dapat melakukan transaksi, termasuk mengubah pulsa menjadi nominal kredit Coowry. Selanjutnya proses transfer atau transaksi juga bisa langsung dilakukan, baik melalui web ataupun aplikasi.

Pedagang dapat langsung menerima kredit dari pulsa yang sudah dikonversi. Bahkan untuk merchant atau pemilik paltform, Coowry juga menyediakan dokumentasi API yang bersifat publik, untuk memungkinkan dielaborasi dengan sistem untuk penambahan metode pembayaran menggunakan potong pulsa.

“Kami pikir Indonesia memiliki kondisi yang sempurna untuk layanan seperti Coowry. Dengan populasi yang sangat besar, terutama orang muda dengan salah satu tingkat aktivitas dan konsumsi digital tertinggi. Selain itu, operator telekomunikasi sangat mendukung dan sangat terbuka dalam menangani masalah pembayaran dengan pendekatan diferensial Coowry,” pungkas David.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again