9 February 2017

by Glenn Kaonang

Corsair Bersiap Umumkan Gaming PC Perdananya, Corsair One

Belum banyak detail yang dibeberkan, tapi kemungkinan besar sanggup menangani VR gaming

Corsair mengawali kiprahnya di industri komponen PC sebagai produsen memory (RAM). Namun seperti pemain-pemain lainnya, katakanlah Asus dan MSI, Corsair perlahan juga memperluas bisnisnya ke ranah gaming, dan kini mereka tengah bersiap untuk memperkenalkan gaming PC perdananya.

Dijuluki Corsair One, desainnya terlihat garang sekaligus minimalis, meski tidak sesimpel seri casing Obsidian besutan Corsair sendiri. Aksen pencahayaannya bukan RGB bukan juga merah, sedikit melenceng dari zona mainstream yang ditunjukkan oleh pabrikan-pabrikan lain, tapi masih sangat kelihatan seperti perangkat gaming.

Menariknya, ukuran Corsair One terbilang cukup ringkas. Begitu ringkasnya, casing-nya tidak cukup panjang untuk bisa menampung motherboard jenis full-ATX. Namun demikian, kehadiran port HDMI di bagian depan memungkinkan pengguna untuk menyambungkan VR headset dengan gampang, dan ini bisa menjadi indikasi kalau Corsair One sudah termasuk VR-ready.

Port HDMI di sisi depan akan sangat memudahkan pengguna VR headset, serta mengindikasikan kalau Corsair One sudah VR-ready / Corsair

Sebagai PC yang VR-ready, sudah bisa dipastikan One akan mengusung spesifikasi yang setidaknya merupakan kelas menengah ke atas, meski sejauh ini Corsair masih belum mengungkapkan detailnya. Ventilasi udara yang melimpah di bagian sisi juga menjadi pertanda bahwa PC ini tidak akan kelimpungan menggotong hardware kelas atas.

Corsair juga masih bungkam terkait jadwal rilisnya, namun kemungkinan besar dalam waktu dekat, meski Corsair sejauh ini hanya memberikan halaman teaser di situsnya. Terlepas dari itu, Asus, MSI dan lainnya harus bersiap menghadapi rival baru di segmen gaming PC yang selama ini mereka kuasai.

Sumber: AnandTech.