Corsair Virtuoso Buktikan Bahwa Gaming Headset Tidak Harus Terlihat Norak

Corsair Virtuoso Buktikan Bahwa Gaming Headset Tidak Harus Terlihat Norak

Tetap elegan meski menawarkan kinerja yang lebih unggul ketimbang mayoritas gaming headset lain
Corsair Virtuoso / Corsair
Corsair Virtuoso / Corsair

Gaming gear tidak selamanya harus kelihatan norak, apalagi dengan pencahayaan warna-warni yang sudah dianggap sebagai standar. Buktinya bisa kita lihat dari gaming headset terbaru Corsair yang bernama Virtuoso berikut ini.

Tanpa ada mikrofon yang menancap, sepintas Virtuoso kelihatan seperti headphone pada umumnya berkat konstruksi aluminium yang elegan. Kebetulan mikrofonnya memang bisa dilepas-pasang, sehingga ia juga dapat menemani keseharian pengguna di luar sesi gaming. Sayangnya ia tidak dibekali Bluetooth, yang berarti pengguna hanya punya pilihan jack 3,5 mm di luar sesi gaming.

Corsair Virtuoso

Masing-masing earcup berukuran besar itu dilengkapi bantalan memory foam yang cukup tebal, demikian pula di bagian headband-nya. Di balik earcup-nya, bernaung driver neodymium berdiameter 50 mm yang menawarkan respon frekuensi 20 – 40.000 Hz, dua kali lebih luas dibanding mayoritas gaming headset kalau kata Corsair.

Untuk mikrofonnya, selain bersifat omni-directional, ia juga mendukung respon frekuensi hingga 10.000 Hz, sekali lagi hampir dua kali lipat yang ditawarkan gaming headset wireless pada umumnya.

Corsair Virtuoso

Wireless? Ya, Virtuoso memanfaatkan dongle 2,4 GHz untuk menyambung ke PC secara wireless hingga sejauh 12 meter. Namun kalau yang dicari adalah kualitas suara terbaik, pengguna bisa memanfaatkan sambungan kabel USB untuk mendapatkan dukungan suara surround 7.1 dan kapabilitas pengolahan Hi-Res audio (24-bit/96kHz).

Satu kali pengisian baterai cukup untuk menenagai Virtuoso hingga 20 jam pemakaian. Agar lebih efisien, Corsair tak lupa menyematkan sejenis fitur auto-standby; headset akan ‘tidur’ saat Anda meletakkannya, kemudian menyala kembali secara otomatis saat Anda mengenakannya.

Bagaimana dengan sistem pencahayaan RGB yang dapat dikustomisasi? Well, di titik ini saya rasa tidak ada yang perlu dibahas. Yang perlu ditekankan adalah justru ketika suatu gaming gear datang tanpa pencahayaan RGB sama sekali.

Corsair Virtuoso SE diapit oleh dua pilihan warna Virtuoso standar / Corsair
Corsair Virtuoso SE diapit oleh dua pilihan warna Virtuoso standar / Corsair

Di samping Virtuoso, tersedia pula Virtuoso SE yang lebih unggul perihal estetika sekaligus kualitas mikrofon. Ini dikarenakan Virtuoso SE mengemas modul mikrofon 9,5 mm, yang diyakini bisa menangkap suara secara lebih baik dan lebih jernih.

Corsair Virtuoso saat ini sudah dijual seharga $180. Corsair juga menawarkan varian Virtuoso SE yang lebih unggul perihal estetika sekaligus kualitas mikrofon berkat modul berdiameter 9,5 mm. Virtuoso SE sedikit lebih mahal di angka $210.

Sumber: Corsair.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…