12 August 2014

by Yoga Wisesa

Cortana Akan Hadir di Windows 9 Dengan Kemampuan yang Tak Kalah Canggih

Cortana ialah personal assistant cerdas di Windows Phone 8.1 yang diadopsi dari salah satu karakter utama di franchise game Halo milik Microsoft. Seperti tokoh permainan itu, aktris Jen Taylor kembali mengisi suara asisten digital tersebut. Setelah sang pencipta OS mengintegrasi Cortana ke dalam Bing, rumornya ia juga akan hadir di platform Windows 9 'Threshold'.

Berita gembira bagi Anda pengguna handset Windows Phone dan juga fans Halo. Bulan lalu Microsoft sempat dikabarkan sedang bereksperimen dan mencoba menyulam Cortana ke dalam OS baru mereka, dengan membubuhkannya di taskbar. Lalu Neowin menginformasikan bahwa walaupun masih berada di awal pengembangan, performa Cortana versi Threshold sudah meningkat pesat dan semakin siap untuk menyongsong tanggal rilisnya nanti.

Untuk build Windows 9 saat ini, Cortana tersaji dalam bentuk aplikasi sederhana. Sang asisten pribadi digital muncul dalam sebuah window kecil, dimana Anda bisa memasukkan perintah atau pertanyaan secara tertulis maupun lisan. Desainnya menyerupai versi Windows Phone, tapi Cortana versi desktop tidak menutup seluruh tampilan - hanya 25 persen layar serta tetap hadir dalam bentuk lingkaran beranimasi.

 

Info menarik: [Rumor] Screenshot Microsoft Windows 9 ‘Threshold’ Muncul di Internet

 

Menurut Brad Sams dari Neowin yang telah menyaksikan kemampuannya secara langsung, saat ini integrasi Cortana ke Threshold masih bisa dibilang minim. Tapi Neowin cukup yakin Microsoft tidak berhenti untuk meningkatkan lagi fungsi dan fiturnya - apalagi sang produsen OS masih memiliki banyak waktu hingga Windows 9 diluncurkan.

Keunggulan lain Cortana dibanding personal assistant milik para kompetitor - selain kepribadian yang unik, adalah ia mendapatkan update konstan dari Microsoft. Dan hal tersebut juga akan diaplikasikan ke versi desktopnya. Microsoft pernah menyatakan bahwa Cortana di-update setidaknya paling lambat dua kali dalam satu bulan.

Itu artinya, dalam tiga tahun mendatang Cortana bisa dipastikan lebih pintar dibanding saat Windows 9 diluncurkan. Kita juga boleh berasumsi bahwa pada versi retail Threshold, Cortana akan tertanam di dalam sistem operasi - dan tak lagi tersaji via aplikasi terpisah.

 

Info menarik: Bing Kini Menyajikan ‘Personalized Cards’ dan Terintegrasi dengan Cortana

 

Neowin juga melaporkan bahwa Windows 9 semakin stabil, walaupun belum bisa dibilang setara dengan preview build. Untuk versi preview sendiri, tampaknya ia akan hadir pada akhir tahun, beberapa bulan sebelum pedaratan resminya di awal tahun 2015.

Mungkin ada dua hal yang akan menentukan kesuksesan (atau kegagalan) Cortana di platform Windows PC. Yang pertama adalah bagaimana Microsoft mengintegrasinya, dan kedua, apa saja kemampuannya. Menyajikan Cortana dalam app terpisah terasa mengekang. Dapatkah ia membuat janji temu atau pengingat di kalender jika pengguna mengaksesnya via aplikasi?

Tentu akan lebih praktis jika personal assistant Cortana merupakan fitur yang tertanam di dalam Windows, dan aktif jika pengguna menginginkannya. Bayangkan, untuk mematikan komputer, kita hanya perlu bilang, "Cortana, please shut down Windows."

Lalu ia menjawab, "Okay Chief."

Via The Verge. Gambar header: PC World. Gambar lain: Giant Bomb.