Cortana Akhirnya Tiba di App Store

Cortana Akhirnya Tiba di App Store

Asisten pribadi virtual milik Microsoft kini bisa dinikmati di iPhone
Cortana-Header-620x390
Cortana-Header-620x390

Siri nampaknya akan mendapat saingan sebagai asisten pribadi virtual di iOS. Hal ini tentu saja karena Microsoft baru-baru saja menghadirkan Cortana, asisten pribadi virtual yang sebelumnya terbatas untuk perangkat Windows Phone menjadi sebuah aplikasi iOS. Rilisnya versi iOS menyusul aplikasinya yang sudah terlebih dahulu hadir di Android.

Jika Anda memiliki akun Microsoft, Anda bisa langsung login dan menggunakan asisten pribadi virtual milik Microsoft ini. Cortana menggunakan akun Microsoft Anda untuk sinkronisasi data antar perangkat. Secara tampilan, baik aplikasinya di iOS maupun di Android tak jauh beda. Anda bisa mengakses menu menggunakan tombol di pojok kiri atas.

Dari menu tersebut Anda bisa mengakses pengingat, hingga mengatur tampilan hasil jika Anda meminta Cortana mencari sesuatu. Sama seperti Siri, Anda bisa menggunakan perintah suara untuk memberi tugas Cortana. Selain menggunakan perintah suara, Anda juga bisa mengetiknya secara manual untuk mencari sesuatu. Untuk hasil pencarian, Cortana menggunakan Bing sebagai mesin pencarinya.

Cortana dapat menyimpan pengingat hingga melacak paket, penerbangan, hasil pertandingan dan masih banyak lagi. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 10 dalam keseharian, maka menggunakan Cortana dapat menjadi pilihan. Sinkronisasi serta integrasi keduanya menjadi salah satu alasan utama. Namun jika dibandingkan dengan Siri, Cortana masih memiliki kemampuan yang terbatas. Hal ini dikarenakan Siri sudah terintegrasi langsung dengan sistem operasi di iOS. Siri pun dapat mengubah setting perangkat iOS seperti mematikan atau menyalakan WiFi, Bluetooth hingga Airplane Mode.

Selain itu Cortana di iOS juga belum dapat diaktfikan dengan perintah suara “Hey Cortana”. Aplikasinya di Android pun memiliki keterbatasan, pengguna hanya bisa menggunakan perintah tersebut di home screen untuk mengaktifkannya. Siri sendiri bisa diaktifkan tanpa harus mengaktifkan iPhone terlebih dahulu asalkan tersambung dengan charger (untuk iPhone lama, yang terbaru sudah bisa).

Cortana menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang mencari asisten virtual pribadi di iPhone selain Siri. Aplikasinya hadir secara gratis dan baru tersedia di App Store US. Tentunya kita berharap Microsoft secara perlahan akan menghadirkan Cortana ke App Store seluruh negara dalam waktu dekat ini.

Download – Cortana – Gratis

Sumber: iMore

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…