3 April 2014

by Yoga Wisesa

Cortana dan Fitur-Fitur Canggih Lain Mendarat Bersama Update Windows Phone 8.1

Dahulu dirumorkan akan mengusung nama Windows Phone Blue, banyak orang mengira update Windows Phone 8.1 dirilis tidak terlalu lama setelah peluncuran OS versi PC-nya. Dalam acara konferensi Build, Microsoft secara resmi memperkenalkan Windows Phone 8.1, lengkap dengan fitur personal assistant yang ditunggu-tunggu: Cortana.

Trenologi sebelumnya sudah membahas cukup lengkap tentang Cortana. Diambil dari nama asisten pribadi Master Chief (sekali lagi, bukan Master Chef), jagoan franchise Halo, Microsoft menyebutnya sebagai asisten pribadi digital sejati pertama di dunia. Ia ditenagai oleh sistem search engine Bing dan akan semakin cerdas jika Anda sering berinteraksi dengannya.

Semua informasi yang Cortana dapatkan akan disimpan dalam sistem bernama Notebook. Dengan begitu ia akan proaktif memberikan usul dan masukan. Contohnya saja jika Anda berkunjung ke suatu kota, Cortana akan memberikan saran kapan waktu terbaik untuk meninggalkan bandara berdasarkan data lalu lintas hingga cuaca. Ia juga mampu mengelola notifikasi, panggilan masuk dan SMS, sembari memilah-milih mana yang harus diprioritaskan.

Tapi tentu saja update Windows 8.1 bukan hanya tentang Cortana. Microsoft sudah menyiapkan berbagai fitur baru yang mambuat handset ber-WP Anda lebih intuitif. Bagian Live Tiles di layar Start kini memiliki tingkat kustomisasi yang lebih tinggi. Live Tiles kini memiliki variasi ukuran yang lebih berbeda drastis, sehingga memungkinkan Anda memasukkan shortcut pin lebih banyak.

 

Info menarik: Perluas Cakupan Bisnis, Game Lokal Tales Of Marble Kini Hadir di Windows Phone

Kemudian Anda juga bisa menganti background Start dengan foto atau gambar favorit. Bagian tile layar Start akan berubah mengikuti foto tersebut, kecuali beberapa ikon shortcut seperti Skype, Facebook atau Instagram. Sang produsen OS juga sudah menyiapkan tema-tema berbeda untuk Lock Screen dengan visual dan animasi tersendiri.

Selain itu terdapat fitur Action Center a la dashboard di Android. Di sana Anda bisa melihat notifikasi dari semua app, baik mereka yang di-pin layar Start ataupun tidak. Action Center memberikan pengguna akses langsung ke Wi-Fi, Flight Mode, Bluetooth hingga Rotation Lock.

Bagian keyboard virtual juga mendapatkan update. Microsoft menjelaskan bagaimana sistem keyboard Windows Phone 8.1 akan mempelajari gaya penulisan Anda dan bahkan dapat mengetahui nama-nama orang yang ada di dalam daftar kontak. Sistem Word Flow Keyboard yang baru mereka perkenalkan berhasil memecahkan rekor keyboard digital Swype milik Samsung Galaxy S4.

Dengan update Windows Phone 8.1, integrasi Microsoft Account Anda di Windows dan WP semakin mulus. Contohnya saja jika Anda mengubah tema warna, warna tersebut akan tersinkronisasi ke seluruh device ber-Windows Anda.

Kemudian jika Anda berbelanja item in-app dalam aplikasi-aplikasi baru, pembelian ini akan diaplikasikan baik ke smartphone maupun PC. Begitu juga data-data lain seperti password Wi-Fi, dimana seluruh device ber-Windows akan otomatis tersinkronisasi.

 

Info menarik: Nokia X Dijual Seharga Rp 1,6 juta, Tersedia 12 April 2014

 

Beberapa layanan lain yang mendapatkan upgrade antara lain Skype, Calendar, Music, Video, Podcasts, People Hub, Email and Accounts, Photos & Camera hingga Data, Wi-fi dan Storage Sense. Anda juga bisa dengan mudah memproyeksikan layar smartphone ke monitor PC, TV atau proyektor hanya dengan koneksi kabel USB.

Windows Phone 8.1 akan dibundel langsung dalam smartphone Nokia Lumia terbaru yaitu Lumia 630, 635 dan Lumia 930, dan untuk pengguna Windows Phone 8 lama, pembaruan OS ini akan tersedia dengan nama Lumia Cyan musim panas (waktu AS) tahun ini.

Lalu adakah manfaat bagi smartphone Nokia lain jika sang pengguna mengaplikasikan update ini? Tentu saja sangat banyak, selain fitur-fitur di atas, 8.1 akan mendongrak performa suara Lumia 1520 dan juga 930 dengan mengkombinasi sistem Dolby Surround Sound dengan Nokia Rich Recording.

Untuk mempelajari update ini lebih lengkap, Anda bisa menyimak video presentasinya di bawah ini.

Sumber Windows Blog dan Nokia.