Categories

Mobile

Cortana Siap Jadi Asisten Virtual Resmi Pengguna Smartphone OnePlus One

Kendati belum dirilis secara resmi oleh pihak OnePlus, beberapa pengguna disebutkan telah menerima notifikasi update firmware terbaru untuk platform Cyanogen OS 12.1

Oki Rosgani - 6 January 2016

Selain hadir untuk platform besutan Microsoft, kini layanan aplikasi asisten virtual Cortana juga telah hadir untuk paltform Android dan iOS. Cortana menjadi menarik lantaran ia memiliki kemampuan tidak hanya sebagai aplikasi pencatat atau membantu melakukan pencarian di internet melalui perintah suara, namun ia bisa juga melakukan tracking secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh penggunanya.

Tidak memerlukan waktu panjang bagi Cortana untuk menunjukkan kesaktiannya, setelah aplikasi ini resmi dirilis ke publik untuk platform Android dan iOS pada Desember 2015 lalu, para pengembang Cyanogen OS pun kepincut untuk segera menjejalkan fitur Cortana smartphone OnePlus One dengan OS Cyanogen.

Hal ini juga diamini oleh Microsoft, yang sebelumnya telah secara resmi mengumumkan bahwa aplikasi Cortana besutannya akan tersedia untuk platform lain termasuk Cyanogen OS.

Kendati belum diumumkan secara resmi oleh pihak OnePlus, ternyata update terbaru dari firmware Cyanogen OS telah meluncur bagi sejumlah pengguna, sebagian dari mereka disebutkan telah mendapatkan notifikasi untuk meng-update firmware mereka. Namun update itu hanya tersedia bagi mereka yang menggunakan perangkat dengan firmware Cyanogen OS 12.1.

Selain menghadirkan sejumlah perbaikan bug dan patch keamanan, telah disematkan pula integrasi fitur Cortana, dimana besaran file update tersebut hanya berukuran 70MB saja.

Seperti yang kami kutip dari laman Softpedia, Cortana yang hadir untuk pengguna Cyanogen OS ini merupakan aplikasi yang berjalan secara mandiri, dan bisa dihapus jika pengguna tidak menginginkannya. Update firmware yang dibahas memberikan informasi bahwa Cyanogen telah siap mendukung integrasi dengan Cortana.

Smartphone OnePlus One bisa dibilang menjadi perangkat pertama yang telah mendapatkan update firmware terbaru dengan dukungan aplikasi asisten virtual Cortana di dalamnya. Masih dari sumber yang sama disebutkan bahwa dukungan integrasi dengan Cortana juga akan hadir untuk peragkat berbasis Cyanogen lainnya.

Dengan memanfaatkan teknologi dari proyek artificial intelligence (AI) yang dikembangkan sendiri oleh Microsoft, keberadaan Cortana menjadi sedikit berbeda dari layanan aplikasi serupa yang dibuat oleh Google (Google Now) dan Apple (Siri).

Sumber: Softpedia | Gambar Header: Windows Blog

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter