13 December 2017

by Glenn Kaonang

Asisten Virtual Cortana Kini Bisa Terhubung dengan Gmail

Di PC, Android maupun iOS, Cortana dapat membantu Anda mengakses email, daftar kontak, data kalender maupun file Google Drive dengan cepat

Awalnya hanya tersedia di platform Windows saja, asisten virtual Cortana juga sudah cukup lama hadir di Android dan iOS. Microsoft selaku pengembangnya perlahan juga mulai mengintegrasikan Cortana ke beragam layanan, sekaligus menghadirkan dukungan berbagai layanan buat pengguna setianya.

Salah satu yang terbaru adalah Gmail. Yup, Anda kini dapat menghubungkan Cortana dengan akun email yang Anda dapat dari Google tersebut. Dari situ Cortana bisa membantu Anda mengakses email, daftar kontak, data kalender maupun file yang tersimpan di Google Drive dengan cepat.

Integrasi ini bakal sangat berguna bagi para pemilik PC yang menggunakan Gmail sebagai layanan email utamanya. Akses yang Anda berikan sejatinya memungkinkan Cortana untuk, misalnya, mengirim reminder ketika jadwal meeting maupun agenda lainnya sudah tiba.

Selain di PC, dukungan atas Gmail ini juga tersedia ketika Anda memanggil Cortana lewat smart speaker macam Harman Kardon Invoke. Akan tetapi yang lebih penting, Cortana di Android dan iOS pun rupanya juga kebagian jatah integrasi serupa.

Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu membuka menu pengaturan Cortana dari search bar milik Windows 10. Pilih opsi "Connected Services, lalu "Add a Service", dan Anda bakal melihat "Gmail" sebagai salah satu opsi yang tertera untuk disambungkan.

Sumber: Windows Central dan The Verge.