Categories

Mobile

Cortana untuk Android Akan Hadir Juni Mendatang, iOS Menyusul

Aditya Daniel - 28 May 2015

Asisten Virtual milik Microsoft, Cortana dikabarkan akan menyambangi dua platform mobileAndroid dan iOS. Kabar terbaru mengenai kehadiran Cortana adalah, asisten virtual pribadi ini akan mulai bisa dinikmati oleh perangkat Android mulai akhir bulan Juni dan menyusul untuk perangkat iOS.

Kehadiran Cortana di dua platform di luar Windows ini sejalan dengan strategi Microsoft dengan menghadirkan Windows 10 yang diharapkan mampu terintegrasi dengan smartphone. Micorosoft nantinya akan menghadirkan aplikasi ‘Phone Companion’ pada PC dengan Windows 10 yang akan membantu pengguna untuk mendapatkan aplikasi Cortana bagi perangkat Android atau iOS.

Kehadiran Cortana nantinya pada Android dan iOS berarti akan secara langsung bersaing dengan fitur asisten virtual yang sudah tersedia di masing-masing platform sistem operasi mobile tersebut. Google Now pada Android dan Siri pada iOS adalah dua rival terberat Cortana.

Info Menarik:[Panduan Pemula] Cara Memblokir Situs Tanpa Aplikasi di Windows 7

Kelebihan Google Now dan Siri adalah masing-masing sudah terintegrasi dengan sistem operasinya. Keuntungan inilah yang membuat Google Now dan Siri mampu melakukan banyak hal. Microsoft tentunya harus mencari cara agar Cortana mampu memberikan daya tarik tersendiri ketika nanti hadir sebagai aplikasi baik di Android maupun iOS.

Seperti yang dijelaskan dalam blog Microsoft, Cortana untuk perangkat di luar ponsel Windows akan memiliki fitur yang terbatas. Beberapa fitur yang memperlukan akses ke sistem seperti mengganti pengaturan perangkat, membuka aplikasi yang terinstal, tak akan tersedia di Cortana. Demikian juga fitur perintah suara "Hey Cortana" yang digunakan untuk mengaktifkan Cortana.

Pasalnya fitur ini membutuhkan integrasi dengan mikrofon perangkat yang nampaknya tidak bisa untuk dilakukan jika hanya dari sisi software, terlebih untuk sebuah aplikasi.

Info Menarik: Aplikasi Peta HERE Sudah Bisa Diunduh untuk Perangkat iPhone dan iPod Touch

Microsoft menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan beberapa aplikasi yang dimilikinya. Tak hanya sebatas untuk platform Windows namun juga sistem operasi lain. Sebelumnya Microsoft Outlook, hadir untuk perangkat iOS yang menawarkan alternatif aplikasi untuk mengelola email.Office untuk iPad bahkan sudah hadir sejak tahun lalu.

Langkah ini sejalan dengan pandangan sang CEO bahwa Microsoft akan terus menghadirkan layanannya di berbagai platfom untuk penggunanya yang mungkin saja menggunakan bermacam gadget dengan berbagai varian sistem operasi.

Pertanyaannya adalah fitur unik apakah yang akan dibenamkan ke dalam Cortana oleh Microsoft untuk menarik perhatian kedua pemilik perangkat sistem operasi Android atau iOS? Kita tunggu saja.

Sumber: Windows | ArsTechnica.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter