30 November 2015

by Bambang Winarso

Cortana untuk iOS Masuki Fase Beta

Para partisipan beta tester yang terdaftar kini sudah dapat mencicipi Cortana untuk iOS melalui Apple TestFlight

Seperti yang sudah diantisipasi oleh banyak orang, Microsoft baru-baru ini akhirnya resmi menggulirkan versi beta dari Cortana untuk iOS. Aplikasi asisten digital rival Siri dan Google Now ini sudah didistribusikan melalui Apple TestFlight untuk para tester, yang juga berarti peserta akan dibatasi maksimal 2.000 partisipan.

Undangan program beta-nya sendiri sudah dimulai sekitar satu bulan yang lalu. Dan minggu lalu Microsoft telah mengirimkan pemberitahuan melalui email kepada para peserta yang isinya menginformasikan bahwa Cortana versi iOS sudah tersedia untuk diunduh.

Berdasarkan testimoni beberapa tester, aplikasi Cortana tetap menggunakan nama yang sama namun fiturnya tidak selengkap Windows Phone dan Android. Bahkan fitur perintah “hey Cortana” belum dapat ditemukan.

Walau begitu, Cortana versi iOS sudah mengantongi sejumlah kemampuan misalnya pengaturan jadwal kegiatan, pengingat, alarm dan juga kemampuan melacak jadwal penerbangan, paket, saham, dan skor pertandingan. Selain itu, Cortana juga sudah dapat melakukan tugas-tugas keseharian seperti mengirim email, pesan singkat, atau memberikan petunjuk arah, informasi restoran terdekat, jadwal pemutaran film, program televisi dan juga membuka aplikasi tertentu. Lebih lanjut dikatakan bahwa Cortana dirancang untuk semirip mungkin dengan Siri agar dapat memahami ucapan alami pengguna saat berinteraksi.

Microsoft sendiri belum buka suara kapan versi final Cortana untuk iOS ini dapat dirilis. Namun dari pernyataannya yang lalu, besar kemungkinan versi final Cortana ini akan dilepas sebelum tutup tahun.

Sumber berita Slashgear dan gambar header Engadget.