Sudah hampir tiga tahun semenjak Microsoft pertama kali mengumumkan rencananya untuk membawa asisten virtual-nya, Cortana, ke platform Android dan iOS. Menjelang akhir 2015, versi beta Cortana akhirnya mendarat di iOS, dan sekarang versi resminya pun sudah tersedia untuk publik.

Namun selama ini masih ada yang kurang, yakni versi dengan tampilan yang optimal untuk iPad. Versi yang sudah ditunggu-tunggu itu akhirnya tiba beberapa hari lalu lewat update yang dirilis Microsoft. Desain Cortana versi iPad ini kurang lebih sama seperti versi iPhone-nya, akan tetapi tampilannya sudah dioptimalkan guna memaksimalkan layar besar iPad, mulai dari iPad Mini sampai iPad Pro 12,9 inci.

Di samping itu, Microsoft mengklaim aplikasi Cortana di perangkat iOS bisa dibuka 20 persen lebih cepat. Selisihnya memang tidak jauh, tapi semestinya bakal cukup terasa apabila pengguna memakai perangkat iOS yang sudah uzur, terutama yang kapasitas RAM-nya amat terbatas.

Cortana for iPad

Mengapa Anda harus menggunakan Cortana ketika ada Siri yang terintegrasi dengan baik di iOS? Karena ada yang bisa dilakukan Cortana yang tak bisa dilakukan Siri, tapi begitu juga sebaliknya. Alasan yang mungkin lebih pas adalah apabila pengguna sehari-harinya juga memakai PC Windows 10, yang merupakan rumah asli Cortana.

Sebagai asisten virtual, tentu saja Cortana bisa memahami dan merespon terhadap perintah suara pengguna. Kendati demikian, karena ini iOS yang kita bicarakan, fitur perintah suara tersebut hanya bisa aktif ketika aplikasi dibuka, dan bukan ketika perangkat sedang terkunci.

Batasan ini mungkin bakal menjadi alasan yang mencegah pengguna iOS memakai Cortana. Namun sejatinya masih ada batasan yang tidak kalah besar pengaruhnya: Cortana untuk iOS belum tersedia di banyak negara, termasuk Indonesia. Pun begitu, andai Anda ingin mencobanya, Anda masih bisa mengunduh Cortana dengan mengganti pengaturan negara di akun Apple ID menjadi salah satu dari yang didukung.

Sumber: MacRumors.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.