20 December 2017

by Glenn Kaonang

Crazybaby Air Nano Ramaikan Pasar Truly Wireless Earphone Tanpa Fitur yang Muluk-Muluk

Desainnya tergolong biasa, tapi ringkas dan ergonomis, berperforma apik dan baterainya awet

Menjamurnya truly wireless earphone tidak akan bisa terelakkan, apalagi ketika satu per satu pabrikan smartphone mulai melupakan eksistensi headphone jack. Dari sekian banyak truly wireless earphone, kita setidaknya bisa memformulasikan empat faktor terpenting: desain ringkas dan ergonomis, kualitas suara apik, koneksi stabil dan baterai yang tahan lama.

Tentunya tidak banyak yang bisa memenuhi semuanya, dan memang hampir mustahil bagi kita untuk mendapatkan truly wireless earphone yang benar-benar sempurna. Kendati demikian, perangkat bernama Air Nano dari startupCrazybaby berikut ini bisa menyuguhkan keempat faktor tersebut dengan baik.

Sepintas desainnya terkesan seakan kurang inspirasi, hanya berwujud seperti kapsul yang dipotong menjadi dua, lalu ujungnya dipasangi silikon yang dimiringkan sedikit posisinya agar bisa menancap dengan mantap di telinga. Bahkan charging case-nya pun juga menyerupai kapsul.

Konstruksinya memang hanya mengandalkan material plastik, tapi setidaknya secara keseluruhan perangkat tahan terhadap cipratan air. Total ada empat pasang eartip dalam ukuran yang berbeda untuk mengakomodasi telinga banyak konsumen sekaligus, plus sebuah wingtip buat yang berencana memakainya selagi berolahraga.

Soal kualitas suara, Crazybaby memercayakan diafragma dari bahan carbon nanotube pada unit driver berdiameter 5,5 mm milik Air Nano demi menyajikan reproduksi suara yang jernih dan optimal. Sepasang mikrofon dengan teknologi isolasi suara turut disematkan agar yang jernih bukan hanya suara yang masuk saja, tapi juga yang keluar ketika pengguna melakukan panggilan telepon.

Beralih ke koneksi, Air Nano tergolong spesies yang cukup langka yang sudah menggunakan chip Bluetooth 5.0. Bluetooth 5.0 secara teori tidak hanya mampu meningkatkan kualitas suara berkat kapasitas transmisi datanya yang lebih besar, tapi juga lebih irit perihal konsumsi energi.

Pada kenyataannya, Crazybaby mengklaim daya tahan baterai Air Nano bisa mencapai angka 12 jam nonstop dengan dipadukan charging case-nya. Fitur fast charging turut didukung; letakkan Air Nano di dalam case-nya selama lima menit saja, maka pengguna diyakini bisa memakainya selama 1,5 jam ke depan. Case-nya sendiri bisa di-charge menggunakan kabel USB-C.

Di atas kertas, Crazybaby Air Nano terdengar cukup mengesankan dan mampu memenuhi keempat aspek esensial yang kita tetap di awal. Itulah mengapa tidak mengherankan kalau kampanye penggalangan dananya di Indiegogo berhasil menembus angka $1 juta.

Ke depannya, Crazybaby berniat memasarkan Air Nano paling cepat mulai bulan Januari seharga $129. Sebagai pemanis, konsumen bisa memilih satu dari sepuluh warna yang tersedia.