14 February 2017

by Yoga Wisesa

Creative Labs Perkenalkan Soundbar Spesialis Gaming Sound BlasterX Katana

Sound BlasterX Katana mengandalkan setting lima driver: sepasang mid-bass, dua tweeter buat frekuensi tinggi, dan satu subwoofer.

Sound Blaster merupakan nama yang tidak asing di telinga pengguna PC veteran. Ia adalah brand produk sound card yang beberapa dekade lalu menjadi standar IBM PC. Saat Sound Blaster tak lagi jadi sebuah keharusan, Creative Labs tetap fokus pada pengembangan teknologi suara sembari memperluas portfolio produknya, berujung pada pengungkapan lini Sound BlasterX di 2015.

Sound BlasterX terdiri dari perangkat-perangkat audio USB, headset hingga mousepad gaming. Dan kira-kira satu tahun setelah menyingkap soundbar flagshipX-Fi Sonic, Creative Labs memperkenalkan anggota baru keluarga Sound BlasterX, kali ini sebuah soundbar yang dispesialisasikan buat mendukung gaming: Katana. Dalam pembuatannya, Creative fokus pada dua aspek utama, yaitu mutu penyajian suara dan desain.

Terinspirasi dari rancangan pedang samurai, Sound BlasterX Katana mempunyai wujud ramping memanjang dengan bagian ujung menyiku. Pendekatan desain ini dimaksudkan agar soundbar bisa serasi saat diposisikan bersama console dan PC, beserta TV, monitor melengkung atau bahkan setup multi-display. Ukurannya sangat ideal untuk ditaruh di ruang keluarga, Katana berdiri setinggi 6-sentimeter dan mempunyai lebar 60-sentimeter.

Buat mendukung tema gaming, Creative membubuhkan sistem pencahayaan RGB Aurora Reactive, menyuguhkan pengguna pilihann 16,8 juta warna dengan 49 pola pencahayaan. Tentu saja Anda dipersilakan untuk mengonfigurasinya sesuai keinginan dan menyimpan profile custom. Tombol navigasi bisa Anda temukan di sisi atas, atau Anda dapat menggunakan remote control-nya; lalu konektivitas fisik seperti mic-in, aux-in, headset out, dan port USB berada di bagian belakang.

Dalam menghidangkan suara, Sound BlasterX Katana mengandalkan setting lima driver, teridiri dari sepasang mid-bass, dua tweeter, dan satu subwoofer. Masing-masing driver ditenagai amplifier yang dikendalikan oleh digital signal processor buatan Creative Labs sendiri. Lewat komposisi seperti ini, sang produsen menjanjikan detail suara yang sangat tinggi.

DSP Sound BlasterX Katana mampu memproduksi audio beresolusi tinggi (24-bit, format lossless), dan sangat bertenaga dalam mengisi ruang keluarga (atau ruang bermain) dengan suara. Soundbar juga sudah memperoleh sertifikasi decoder Dolby Digital, mampu mengubah suara analog dari sumber optical menjadi konfigurasi digital 5.1 24-bit 96kHz. Selain itu, Katana menyimpan sound card yang menunjang channel 7.1 saat Anda menghubungkannya ke PC via USB.

Untuk soundbar gaming berfitur lengkap ini, Sound BlasterX Katana ditawarkan di harga yang masuk akal. Anda dapat memilikinya cukup dengan mengeluarkan uang sebesar US$ 300 saja.

Sumber: Creative.