CubeSensors Adalah 'Fitness Tracker' untuk Kediaman Anda

Ketika bersantai di kediaman masing-masing, salah satu yang paling diprioritaskan adalah suhu ruangan yang sejuk. Tapi seringkali, sejuk saja sebenarnya belum cukup untuk membuat Anda benar-benar nyaman. Anda perlu memperhatikan aspek-aspek lain seperti kualitas udara, gelap/terangnya ruangan maupun seberapa berisik suara di sekitar Anda.

Saat semua itu dalam kondisi yang optimal, semuanya pasti akan berjalan dengan baik, entah saat Anda sedang bekerja atau tidur siang. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengetahui itu semua? Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat bernama CubeSensors.

Sesuai namanya, CubeSensors merupakan gabungan berbagai macam sensor yang dikemas dalam wujud kubus yang imut-imut. Agar lebih mudah dipahami, anggap CubeSensors ini sebagai fitness tracker untuk rumah Anda. Ia dirancang untuk memonitor hampir segala aspek di dalam ruangan sehingga Anda bisa bertindak dan membuat ruangan tersebut menjadi lebih 'bugar'.

Info menarik: Alarm Ini Akan Membangunkan Anda Seorang, Tanpa Mengganggu Pasangan Anda

Apa saja yang bisa dimonitor oleh CubeSensors? Banyak, dimulai dari kualitas udara di suatu ruangan. Hebatnya, CubeSensors tidak cuma menganalisa kandungan oksigen dan karbon-dioksida saja, tetapi juga kadar VOC (volatile organic compound) yang umumnya terkandung dalam cat tembok dan mudah menguap.

Selanjutnya, tentu saja CubeSensors bisa mengukur suhu ruangan. Tidak ketinggalan juga kadar kelembaban dan perubahan tekanan udara. Terakhir, CubeSensors juga bisa mengenali tingkat kecerahan dan kebisingan suatu ruangan. Kalau bicara soal sains, semua ini sebenarnya juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh Anda, sehingga apa yang dilakukan CubeSensors tidak akan sia-sia begitu saja.

CubeSensors disertai oleh sebuah base station yang Anda tancapkan ke router di kediaman Anda. Memanfaatkan koneksi internet, CubeSensors akan mengunggah semua data yang ia kumpulkan ke cloud. Selanjutnya, Anda bisa mengevaluasi data-data tersebut viaweb app CubeSensors – dengan tampilan yang optimal untuk smartphone atau tablet.

Info menarik: Robot Ini Bersihkan Dapur dengan Sinar Ultraviolet

Namun Anda tidak harus memantau web app ini secara terus-menerus. Sesekali, Anda bisa mengambil CubeSensors lalu mengocoknya. Kubus kecil tersebut kemudian akan berpenjar dalam warna tertentu. Kalau warnanya merah, Anda bisa langsung membuka web app-nya untuk mencari apa yang salah di dalam ruangan tersebut. Kualitas udara kurang baik? Segera buka jendela. Tips semacam inilah yang akan diberikan oleh CubeSensors.

Lebih menarik lagi, web app CubeSensors ini juga bisa menerima data yang dikumpulkan oleh perangkat sleep tracker seperti Jawbone UP. Dengan demikian, Anda bisa mengevaluasi apakah kualitas tidur Anda yang belum membaik itu lebih banyak disebabkan oleh tubuh Anda sendiri atau malah kamar tidur Anda yang terlalu terang.

CubeSensors saat ini sudah dipasarkan melalui situs resminya. Ia dijual dalam tiga paket yang berbeda: $299 untuk 2 ruangan, $449 untuk 4 ruangan dan $599 untuk 6 ruangan (belum termasuk biaya pengiriman internasional). Sayang sekali semua ini harus ditebus dengan harga yang cukup mahal.

Via: TheNextWeb.