Categories

Gadget

Cujo Lindungi Seluruh Perangkat di Rumah Anda dari Serangan Hacker

Glenn Kaonang - 18 September 2015

Internet dan hacker adalah dua hal yang tidak mungkin bisa terpisahkan, paling tidak dalam waktu dekat – atau mungkin malah selamanya. Gampangnya, setiap kali Anda terhubung ke internet, maka Anda beresiko di-hack. Yang menjadi masalah, sekarang kita sudah masuk era Internet of Things (IoT), dimana hampir semua perangkat yang ada di rumah bisa saling terhubung via internet.

Misalnya begini: mayoritas perangkat smart lock yang ada di pasaran memungkinkan pengguna untuk mengontrolnya dari kejauhan viasmartphone. Sekarang bayangkan kalau yang mengontrol smart lock tersebut adalah seorang hacker. Hasilnya? Rumah Anda yang sedang tidak dihuni siapa-siapa bisa habis dijarah isinya.

Tentunya tidak ada seorang pun yang menginginkan hal semacam itu terjadi. Kalau di komputer, kita bisa meminta perlindungan dari firewall atau antivirus, tapi bagaimana dengan perangkat lainnya? Bagaimana kita bisa mengamankan perangkat-perangkat tersebut dari ancaman hacker?

Info menarik: Ivee Voice Ibarat Siri Buat Rumah Anda

Salah satu caranya adalah dengan meminta bantuan dari Cujo. Cujo adalah sebuah perangkat yang bertugas mengamankan jaringan internet di rumah Anda; tidak hanya komputer Anda saja, tetapi juga semua perangkat yang terhubung lewat Wi-Fi. Sederhananya, Cujo merupakan firewall dan antivirus untuk seisi rumah Anda.

Bagaimana Cujo bisa melakukannya? Cujo memiliki sepasang port Ethernet yang bisa disambungkan ke router. Setelah disambungkan, Cujo akan langsung menjalankan tugasnya tanpa menunggu instruksi dari Anda, memblokir serangan-serangan hacker, malware maupun virus yang menarget berbagai perangkat Anda.

Setiap kali ada aktivitas mencurigakan di jaringan Anda, Cujo akan mengirimkan notifikasi ke aplikasi pendampingnya di smartphone. Jangan khawatir, Cujo juga akan melindungi smartphone dan tablet Anda selama mereka terhubung ke jaringan Wi-Fi. Asalkan sinyal Wi-Fi yang diterima berasal dari router tempat Cujo menyambung, Anda tidak usah khawatir.

Info menarik: Sangat Pintar, Kamera Pengawas Butterfleye Bisa Bedakan Penghuni Rumah dan Maling

Untuk mengantisipasi perkembangan metode yang dipakai para hacker, Cujo akan terus terhubung ke cloud dan menerima update database – cara yang sama yang diterapkan software antivirus. Untuk itu, Cujo memerlukan biaya berlangganan senilai $9 per bulan atau $89 per tahun.

Karena mengandalkan sistem berlangganan, harga jual perangkat Cujo sendiri tidak mahal. Di situs crowdfundingIndiegogo, Cujo bisa dipesan seharga $49, dengan bonus gratis berlangganan selama 9 bulan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter