Categories

Gadget

Cukup Charge Satu Kali, Sepeda Elektrik Ini Siap Membawa Anda Sejauh 240 Km

Dilengkapi sensor biometrik yang berfungsi untuk mengaktifkan sepeda sekaligus memilih mode berkendara

Glenn Kaonang - 12 October 2016

Seberapa jauh sepeda elektrik bisa membawa Anda dalam satu kali charge? 20 km? 50 km? 100 km? Jangan pesimis dulu, sebab ada sebuah sepeda elektrik buatan Kroasia yang bisa menempuh jarak 240 kilometer sebelum baterainya perlu diisi ulang kembali.

Sepeda tersebut bernama Greyp G12H, dibuat oleh pabrikan otomotif ambisius Rimac Automobili. Seambisius apa memangnya? Coba Anda tengok sendiri konsep supercar garapannya. Dan ambisi serta niat untuk berinovasi ini terus dihibahkan pada sepeda elektrik terbarunya tersebut.

Sepintas Greyp G12H terlihat seperti motor jenis trail yang dipasangi pedal kayuh. Akan tetapi kompartemen besar di bagian tengah frame-nya tersebut adalah rumah dari baterai berkapasitas 3 kWh, yang sejatinya merupakan rahasia terbesar di balik kemampuannya menempuh jarak yang amat jauh itu tadi.

Greyp G12H sanggup menempuh top speed 45 km/jam / Greyp Bikes

Sebelum G12H, ada model G12S yang 'hanya' sanggup menempuh jarak sekitar 120 km, tapi dengan kecepatan maksimum hingga 70 km/jam. G12H memang tidak secepat itu – cuma 45 km/jam – tapi coba Anda tanya pada diri sendiri mana yang lebih penting, kecepatan maksimum atau jarak tempuh? Kalau konteksnya sepeda elektrik, tanpa perlu pikir panjang saya lebih memilih jarak tempuh yang lebih jauh ketimbang top speed.

Sejumlah teknologi canggih turut Rimac sematkan pada Greyp G12H. Salah satunya adalah sensor biometrik yang berfungsi untuk mengaktifkan motor elektrik milik sepeda. Lebih lanjut, memindai satu jari dan yang lain akan mengaktifkan mode berkendara yang berbeda.

Rimac belum mengungkapkan berapa banderol harga Greyp G12H, tapi mereka berharap bisa mulai memasarkannya sebelum pergantian tahun. Kalau melihat G12S yang dibanderol seharga sekitar $9.400, kemungkinan besar G12H akan dihargai serupa atau bahkan lebih mahal.

Sumber: Engadget dan Greyp Bikes.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter