4 November 2016

by Yoga Wisesa

Cuma Berbekal Garam dan Baterai, MSR SE200 Siap Sediakan Air Bersih

Klorin sangat ampuh dalam menumpas bakteri-bakteri penyebab kolera, disentri dan tifus.

WHO memperkirakan bahwa ada lebih dari 500 ribu jiwa meninggal tiap tahun akibat diare. Padahal hanya dengan memanfaatkan klorin, angka ini bisa dipangkas secara drastis.  Klorin sangat ampuh dalam menumpas bakteri-bakteri penyebab kolera, disentri dan tifus. Zat inilah yang dimanfaatkan oleh tim spesialis gear outdoor asal Seattle sebagai solusi penyediaan air bersih.

Di situs crowdfunding Indie Gogo, Mountain Safety Research memberikan jawaban atas masalah itu lewat MSR SE200 Community Chlorine Maker, sebuah perangkat yang dapat mengubah air kotor jadi air siap minum, ditujukan bagi para pemukim di daerah-daerah bersumber daya alam rendah di seluruh dunia. Meski mengusung titel 'pintar', penggunaan MSR SE200 sangat sederhana, cuma memerlukan garam serta sumber listrik.

Seperti namanya, MSR SE200 Community Chlorine Maker berfungsi menciptakan zat klorin, dipakai untuk memurnikan air. Device disuguhkan dalam wujud kit berisi botol air garam, wadah penyimpanan klorin, alat takar, kabel power, serta lebar panduan; dikemas di boks portable. Walaupun botol dan wadahnya berukuran kecil, tak lebih besar dari gelas minum, kinerjanya terbilang istimewa.

MSR SE200 sanggup menghasilkan klorin untuk membersihkan air sebanyak 200-liter dalam waktu lima menit. Caranya? Pengguna hanya perlu mencampur air dengan garam, lalu sambungkan device ke sumber tenaga, bisa dari baterai 12-volt atau dari colokan listrik. Selanjutnya, Anda tinggal menekan satu tombol dan proses elektrolisis (penguraian senyawa berbentuk larutan via listrik) akan segera dimulai.

Pengembangan MSR SE200 sudah berjalan cukup lama, dilakukan oleh Mountain Safety Research bersama sang partner, perusahaan kesehatan non-profit PATH. Dari 2010 hingga 2014, developer telah melangsungkan uji coba prototype alpha dan beta di berbagai negara, lalu MSR SE200 akhirnya diluncurkan resmi di Mali dan Kenya pada awal tahun ini.

Mountain Safety Research sedang menjalankan kampanye penggalangan dana agar bisa mendistribusikan paling tidak 2.500 unit MSR SE200 ke mereka yang membutuhkan sebelum akhir 2017 - diestimasi mampu memberikan penyelesaian kendala tidak tersedianya air bersih bagi 500 ribu orang. Agar tujuannya tercapai, developer membutuhkan modal sebesar US$ 50 ribu. Namun bahkan jika misi itu terpenuhi, jumlah tersebut masih sangat kecil, saat ini ada 1,8 miliar orang di Bumi yang terpaksa mengonsumsi air terkontaminasi.

Kemunculan MSR SE200 di Indie Gogo merupakan sebuah kampanye crowdfunding yang langka karena developer tidak bermaksud memperoleh keuntungan, melainkan bertujuan buat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara-negara berkembang.