19 June 2015

by Yoga Wisesa

Cuma Dibuat 6 Unit, Saksikan Koenigsegg One:1 Pecahkan Rekor Akselerasi

Namanya mungkin tidak sefamilier Ferrari atau Lamborghini, namun visi Koenigsegg untuk meracik mobil super street-legal patut diacungi jempol. Sepuluh tahun silam, Koenigsegg CCR sukses mengalahkan McLaren F1 sebagai kendaraan kelas produksi tercepat saat itu. Dan belum lama sang produsen otomotif asal Swedia ini mencetak rekor baru lewat mobil anyarnya.

Di mata penggemar otomotif, terdapat beberapa level hierarki kendaraan berdasarkan performa dan desain: roadster, sports car, grand tourer, lalu di atasnya ada supercar. Koenigsegg tampaknya tidak ingin karya terbaru mereka masuk dalam salah satu kategori tersebut, sembari mencoba menciptakan kelas lain yang lebih tinggi. Koenigsegg mengenalkan One:1, megacar pertama di dunia.

Menurut Koenigsegg, One:1 sungguh-sungguh mendongkrak standard performa mobil, didukung solusi unik untuk meningkatkan kinerja kendaraan di atas sirkuit tanpa ada kompromi pada kecepatan maksimal dan durabilitas penggunaan sehari-hari. One:1 juga diklaim sebagai mobil produksi bertenaga 'megawatt', dan mungkin dari sinilah istilah megacar diambil. Tapi Koenigsegg tak lupa berhasil membuktikan bahwa megacar bukanlah sekedar sebutan.

Info menarik: Bisa Melesat Hingga 650 Km/h, Mobil Konsep SRT Tomahawk Ditenagai ‘Udara’

Dalam uji coba pada tanggal 8 Juni 2015 yang dilakukan di sirkuit tes Ängelholm, Swedia, Koenigsegg One:1 berhasil menjebol rekor akselesari. Dari 0 ke 300 kilometer per jam, lalu kembali ke 0, mobil hanya memerlukan 17,95 detik. Awalnya diyakini bahwa 21,19 detik adalah waktu tak terkalahkan. Angka tersebut berpotensi untuk dapat dilewati lagi oleh varian One:1 selanjutnya. Proses pemecahan rekor bisa disaksikan di sini.

Koenigsegg One:1 mengusung mesin aluminium V8 5,0L, 4 valve per silinder, mengeluarkan output 1MW di 7500rpm, dan torsi maksimal 1371 di 6000rpm. Rasio bobotnya dirancang sangat presisi, supaya menghasilkan satu tenaga kuda dalam satu kilogram. Jumlah itu ialah persamaan 'impian' karena sebelumnya dianggap tidak mungkin tercapai. Pengembangan One:1 merupakan program tereksklusif di sepanjang sejarah otomotif.

Rancangannyanya sendiri sangat apik, mempunyai dua bangku dengan pintu yang terbuka ke atas. Tubuhnya dibuat dari kombinasi material serat karbon dan kevlar, dipadu chassis honeycomb ala F1 plus tangki bensin terintegrasi. Ditambah bensin murni setengah tangki, beratnya cuma 1.360 kilogram. One:1 juga telah memperoleh sertifikasi uji emisi Euro VI.

Koenigsegg enggan berbicara soal harga, dan sayang sekali One:1 hanya diciptakan enam unit, semuanya sudah terjual.

Via Daily Mail. Sumber: Koenigsegg.com.