7 November 2018

by Glenn Kaonang

Curtiss Zeus Siap Tantang Motor Elektrik Besutan Harley-Davidson

0 - 100 km/jam dalam 2,1 detik, tapi mampu menempuh 450 km dalam satu kali charge

Agustus tahun depan, dunia bakal melihat sebuah Harley-Davidson bermesin listrik mengaspal di jalanan. Motor-motor buatan HD selama ini identik dengan mesin besar dan konsumsi bahan bakar yang boros, jadi ketika HD memutuskan untuk memproduksi motor elektrik, kita bisa menilai sendiri betapa signifikannya elektrifikasi di industri ini.

Nama besar HD sejatinya bisa menjadi jaminan atas motor bernama LiveWire itu. Namun yang tidak banyak orang ketahui, ada pabrikan motor eksotis asal AS lain yang juga ingin mencicipi segmen ini. Mereka adalah Curtiss Motorcycles, reinkarnasi Confederate Motors yang bermitra dengan produsen motor elektrik Zero Motorcycles.

Mei lalu, Curtiss menyingkap Zeus, prototipe motor bermesin listrik ganda dengan estimasi performa ugal-ugalan. Sekarang, mereka sudah siap dengan desain final untuk versi produksinya. Zeus bakal hadir dalam dua model yang berbeda: Zeus Bobber dan Zeus Cafe Racer.

Keduanya tak lagi mengusung mesin listrik ganda seperti prototipenya, tapi itu bukan berarti performanya langsung menjadi loyo. Curtiss mengklaim satu mesin listrik ini sanggup menghasilkan output daya sebesar 140 kW dan torsi 196 Nm, serta membawa Zeus melesat dari 0 - 100 km/jam dalam waktu 2,1 detik saja.

Terkait efisiensi daya, Curtiss menargetkan jarak tempuh hingga 450 km dalam satu kali pengisian baterai. Cukup impresif jika mempertimbangkan performa ganasnya, meski tentu saja jarak tempuhnya tak akan sejauh itu kalau terus dipakai kebut-kebutan.

Rencananya, dua motor elektrik ini bakal mulai diproduksi secara massal pada tahun 2020. Setahun lebih lama daripada Harley-Davidson LiveWire, akan tetapi Curtiss cukup percaya diri memproyeksikan Zeus sebagai rival langsung LiveWire.

Sumber: Electrek.