Categories

Survei

Laporan: Mayoritas "Online Shopper" Puas dengan Layanan E-Commerce di Indonesia

Survei DailySocial yang melibatkan 504 orang responden juga menyoroti perilaku berbelanja, kendala yang pernah dialami, hingga faktor-faktor puas dan tidak puasnya konsumen

Adjie Priambada - 23 August 2016

DailySocial kembali melakukan penelitian terhadap konsumen layanan e-commerce di Indonesia. Melalui survei “Customer Satisfaction in Indonesia’s E-Commerce Services (2016)” yang diterbitkan hari ini, kami mencoba mencari tahu tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan e-commerce di Indonesia yang mulai merangkak naik ke permukaan sejak tujuh tahun silam. Di sini, kami mencoba mengungkap perilaku konsumen terhadap e-commerce di Indonesia, kendala yang pernah dialami, hingga faktor apa yang membuat konsumen puas dan tidak puas terhadap layanan e-commerce.

Survei ini merupakan hasil kolaborasi DailySocial dan JakPat untuk memberikan gambaran besar mengenai faktor yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja online hingga pelayanan apa yang dirasa oleh pelanggan Indonesia harus ditingkatkan oleh pelaku e-commerce di Indonesia.

[Baca juga: DailySocial.id Luncurkan Laporan Perilaku Konsumen Digital Indonesia 2016]

Beberapa hal menarik yang bisa ditemukan dalam survei 21 halaman ini di antaranya yaitu:

  • Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak merupakan tiga besar layanan e-commerce yang populer digunakan oleh konsumen untuk berbelanja online dan Go-Jek berhasil merangsek ke posisi empat di sini, meski inti layanan adalah transportasi on-demand.
  • Meski tak banyak perubahan berarti dalam metode pembayaran favorit, namun pilihan pembayaran melalui minimarket rupanya berhasil menyalip pilihan pembayaran kartu kredit.
  • Harga yang terjangkau dan diskon menjadi pertimbangan utama konsumen untuk berbelanja online dan menjadi faktor utama ukuran tingkat kepuasan mereka.
  • Pelaku e-commerce Indonesia sudah cukup cepat menyelesaikan kendala dengan lebih dari setengah responden menyebutkan kendala mereka bisa selesai di rentang 1-3 hari.
  • 93,45% responden menyatakan sudah puas dengan layanan e-commerce di Indonesia dan sebagian besar dari mereka juga bersedia untuk berlangganan newsletter dari layanan e-commerce yang bersangkutan.

Hasil survei Customer Satisfaction in Indonesia’s E-Commerce Services (2016) secara lengkap dapat diakses cuma-cuma setelah Anda menjadi member DailySocial.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter