10 November 2016

by Bambang Winarso

CyanogenMod 14.1 Berbasis Android Nougat Sudah Bisa Dicicipi

CyanogenMod 14.1 masih dalam tahap awal yang kemungkinan dipenuhi bugs, tapi sudah bisa dijajal oleh sejumlah perangkat

Saat ini hanya segelintir perangkat berbasis Android yang sudah dihuni versi terbaru, Android 7.0 Nougat. Salah satunya adalah Google Pixel dan LG V20, di belakangnya ada sederet perangkat seri Nexus yang sudah menunggu jatah.

Tapi Cynogen Inc rupanya tak mau membiarkan penggemarnya menunggu lebih lama, pengembang yang sempat menghembuskan isu bakal menculik Android itu resmi merilis versi awal CM14.1 berbasiskan Android 7.1 Nougat. Beberapa perangkat dipastikan sudah bisa mencicipinya langsung, sementara sederet model lain bakal segera digulirkan.

Untuk kloter pertama, ada beberapa perangkat yang beruntung mendapatkan dukungan CM 14.1, antara lain Nexus 6P, Nexus 5X, Xiaomi Mi 3, Xiaomi Mi 4, LG G3, varian Moto G, LG G4, Samsung Galaxy S5, OnePlus 3, dan ZenFone 2.

Tapi perlu diingat, versi awal (nightly build) ini bukanlah versi stabil, dalam arti versi ini belum melewati pengujian sehingga jangan heran bila di dalamnya bakal dijumpai sejumlah bugs yang memang baru akan dieliminasi di versi build berikutnya atau versi stabil jika Cyanogen merasa sudah matang.

Dalam rilis resminya, founder Steve Kondik memberikan catatan, “Melaporkan bug boleh-boleh saja, tapi jangan meminta bugs untuk fitur yang belum ada, sebab saat ini tim masih terus bekerja. Ini adalah kesempatan yang bagus bagi para anggota komunitas untuk memberikan kontribusi.”

Kondik juga menyinggung soal ketersediaan beberapa fitur yang masih ditahan di versi awal ini.Namun ia menjamin bakal merilis semua fitur tersembunyi setelah semuanya berjalan mulus.

Meski belum dijabarkan fitur unggulan apa yang bisa dijumpai, tapi bagi yang penasaran bisa mengunduh versi awal CM14.1 melalui tautan ini.

Sumber berita Cyanogen.