12 July 2017

by Glenn Kaonang

Keyboard untuk Nintendo Switch Ini Bisa Dipasangi Joy-Con di Kedua Sisinya

Sayang kemungkinan besar tidak ada versi internasionalnya mengingat game MMORPG Dragon Quest X hanya akan dirilis di Jepang saja

Sebagai console, Nintendo Switch tidak memerlukan peripheral macam keyboard untuk bisa beroperasi dengan baik. Namun hal ini sejatinya tergantung pada game yang Anda mainkan. Untuk game seperti 1–2-Switch atau ARMS, Anda hanya memerlukan Joy-Con, tapi untuk Dragon Quest X yang akan dirilis di Jepang bulan September mendatang, keyboard bakal sangat membantu.

Pasalnya, kita semua tahu bahwa interaksi dengan pemain lain (chatting) merupakan bagian penting dalam game bertipe MMORPG seperti ini. Masalahnya tinggal bagaimana pemain bisa menggunakan keyboard dan controller Joy-Con secara efisien, tanpa terlalu sering berganti peripheral hanya untuk memberikan balasan singkat.

Solusinya, menurut pabrikan peripheral Cyber Gadget, adalah keyboard berukuran ringkas yang bisa dipasangi Joy-Con di kiri-kanannya. Dengan bobot hanya 250 gram, keyboard ini sepertinya cukup ringan sehingga para pemain bisa terus menancapkan Joy-Con di kedua sisinya selagi memainkan Dragon Quest X nanti.

Penawaran Cyber Gadget ini jelas berbeda dari yang HORI umumkan lebih dulu bulan lalu, yang sejatinya tidak lebih dari sebuah keyboard USB biasa tanpa ada fitur atau fungsi khusus untuk Switch. Dengan keyboard dari Cyber Gadget, pengguna setidaknya tidak perlu meletakkannya ketika hendak mengendalikan karakter dengan Joy-Con.

Di Amazon Jepang, keyboard ini dibanderol seharga 3.758 yen (± Rp 450 ribu). Sayangnya belum ada keterangan apakah nantinya juga bakal dirilis versi internasionalnya – kemungkinannya kecil mengingat Dragon Quest X sendiri hanya bakal tersedia di Jepang.

Sumber: The Verge dan Kotaku.