Cyanogen berubah dari sebuah pengembang “biasa” menjadi sebuah startup yang menjanjikan berkat inovasi yang dihadirkan lewat CyanogenMod. OnePlus jadi yang pertama yang secara eksklusif mengadopsi custom ROM tersebut lewat smartphone seri perdananya. Kemudian disusul oleh MicroMax yang memegang kawasan India. Sayang ketiganya kemudian terlibat perseteruan yang berujung pada hengkangnya OnePlus dari daftar rekanan Cyanogen.  Lalu puncaknya, pasca mendeklarasikan keinginannya untuk “mencuri” Android dari Google, Cyanogen Inc kesulitan memperoleh traksi yang diinginkan dan secara mengejutkan menyatakan tutup sebelum berhasil melahirkan perangkat baru.

Tapi rupanya Cynaogen Inc tak sepenuhnya mati. Dilansir oleh AndroidPolice, bahwa Cyanogen Inc tengah mempersiapkan diri untuk kembali ke kancah bisnis teknologi. Hanya saja kali ini dengan rencana bisnis yang berbeda. Cyanogen memutuskan pivot dan berganti nama menjadi Cyngn dan kini fokus menggarap teknologi sistem kemudi otonom (tanpa pengemudi).

Keputusan perusahaan untuk pivot dan mengusung misi baru dilatar-belakangi oleh keyakinan bahwa teknologi kendaraan otonomo bakal menjadi tren dalam lima tahun ke depan. Untuk membantu memuluskan rencananya, Cyngn telah merekrut 30 staff termasuk ahli di bidang teknologi otonom dari Mercedes Benz dan Udacity. Lior Tal yang dulunya pernah menjabat sebagai CCO di Cyanogen juga berada dalam daftar staff Cyngn, sebagai CEO. Perburuan Cygn akan tangan dan otak jenius tampaknya masih berlanjut sampai saat ini. Terlihat dari lowongan pekerjaan yang mereka publikasikan di internet, mencakup parah ahli di bidang radaer, kamera, ultrasonic dan sensor lidar. Sejumlah investor pun berhasil diyakinkan untuk menopang pijakan pertama.

Dikutip dari Recode, Cyngn menerima izin untuk menguji kendaraan otonom di California bulan lalu, dan cakupan industri yang digarap oleh mereka tidak hanya untuk kendaraan komersil tapi juga untuk alat-alat industri seperti excavator, loader otomatis dan kendraan lain yang berkaitan dengan kontruksi. Untuk itu, Cyngn disebut sedang mencari suntikan dana sebesar $200 juta dalam pendanaan Series D.

Menarik untuk melihat bagaimana kiprah Cyanogen Inc di bawah bendera dan fokus baru. Satu hal yang menggelitik benak saya, mungkinkan kita akan melihat Kirt McMaster kembali duduk di jajaran petinggi Cygn, menurut Anda?

Sumber berita AndroidPolice.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.